Wisata Grafika Cikole

Terminal Wisata Grafika Cikole, Tempat Outbond Seru di Lembang Bandung

Kalau Ezytravellers berencana ke Bandung dan ingin menikmati liburan dengan berwisata alam di Bumi Parahyangan, jalan-jalan ke Lembang bisa menjadi alternatif. Banyak spot wisata yang bisa dieksplorasi di Lembang. Salah satunya adalah Terminal Wisata Grafika Cikole. Jangan terkecoh oleh namanya, area wisata ini bukan “terminal” kok. Disebut terminal wisata karena memang menawarkan beragam tujuan aktivitas wisata di satu area terpadu. Tempat ini cocok sekali buat Ezytravellers yang ingin menghabiskan waktu di alam terbuka bersama teman-teman atau keluarga, sejenak lepas dari penat dan hiruk-pikuk rutinitas. Buat piknik sekolah atau piknik sekantor juga cocok, tempat ini menyediakan fasilitas yang mengakomodasi keperluan wisata rombongan.

Terminal Wisata Grafika Cikole berlokasi di Jalan Raya Tangkuban Perahu KM 8 Cikole, Lembang. Letaknya berada di kaki gunung Tangkuban Perahu dengan ketinggian 1400 m di atas permukaan laut dan menempati area berbukit yang berhawa sejuk, dikelilingi oleh hutan pinus seluas sekitar 9 Hektar. Tempat ini menawarkan beragam aktivitas outdoor dan aneka paket outbond, serta menyediakan fasilitas restoran dan penginapan, termasuk camping ground.

Wisata Grafika Cikole

Begitu memasuki area Taman Grafika Cikole, Ezytravellers akan melihat area parkiran yang begitu luas, mampu menampung 24 bus wisata. Terlihat deretan bangunan yang berupa restoran, aula, toko suvenir, musholla dan toilet. Selebihnya hijau hutan pinus menjadi latar belakang, dengan saung-saung bambu, pondok dan pendopo kayu. Kalau menjelajah areanya yang luas, akan ketemu titik-titik tempat aneka fasilitas game outdoor berada. Memasuki area wisata ini gratis. Baru kena biaya-biaya kalau menggunakan fasilitas-fasilitas wisata yang ditawarkan.

Wisata Grafika Cikole

Di sini bisa ngapain aja? Banyak!

Personal Game

  • Flying Fox

Berupa Flying fox melintasi lintasan sepanjang 125 meter antara 2 bukit, dengan ketinggian 25 meter di atas lembah. Ada 2 jalur lintasan flying fox yang berdekatan (bolak-balik). Jika bukan paket, flying fox 1 rute Rp. 15000/orang, flying fox PP 25rb/orang.

  • Jembatan Tali 2

Aktivitas menantang yang melatih keseimbangan tubuh dan keberanian, melintasi jembatan yang berupa sebuah bentangan sling kawat baja 12 mm sepanjang 20 m dari ujung ke ujung sebagai pijakannya, dengan ketinggian 7 m. Seutas tali setinggi dada menjadi pegangannya.

  • Jembatan Burma (Jembatan Gantung/Jembatan Goyang)

Aktivitas melintasi jembatan yang berupa bilah-bilah papan kayu yang digantung pada tali sebagai titian yang tiap kali dipijak, bergoyang-goyang tidak stabil. Panjang lintasan 20 m di ketinggian 7 m.

  • Jembatan Elvis

Terinspirasi dari gerakan dance Elvis Presley, berupa aktivitas melintasi jembatan dari sebuah bentangan sling baja sepanjang 30 m, ketinggian 5 m, dengan tali-tali menggantung di atas sebagai pegangan. (Rp.15000/orang)

  • Turun Tebing

Berupa aktivitas menuruni papan landasan setinggi 15 meter, lebar 2,5 meter yang dipasang vertikal. Menantang banget. (Rp.15000/orang).

  • Jaring Laba-laba

Aktivitasnya memanjat tali-temali berbentuk jaring laba-laba. Tingginya 5 m, lebar 3 m.

Aktivitas Outdoor lainnya

  • Paint Ball (Rp.85000/paket. Fasilitas 40 butir peluru, toa, instruktur, area, seragam, helmet).
  • ATV (ATV 110cc Rp.30000/2 putaran, ATV 220cc Rp.50rb/2 putaran)
  • Berkuda (Rp.15000/trek)
Wisata Grafika Cikole

Flying Fox

 Paket Outbond

Jika ingin menyelenggarakan outbond untuk perusahaan atau sekolah, di sini bisa reservasi untuk paket outbondnya. Ada pula paket outbond untuk anak. Minimal pesertanya 20 orang. Di luar paket khusus tersebut ada paket Outbond Reguler dengan menggunakan Tiket Terusan (Rp.50.000/orang) dengan pilihan 5 game (flying fox, jembatan tali 2, jembatan gantung, jembatan Elvis, jaring laba-laba, turun tebing).

Strawberry Farm

Tiket masuknya Rp.5000/paket, sudah bisa memasuki kebun strawberry, melihat rusa timor, dan dapat juice strawberry. Rp. 60.000/paket bisa sekalian petik strawberry sendiri.

Paket Wisata Jungle Tracking

Aktivitas tracking mengunjungi kebun sayur, kebun mawar, rumah jamur dan hutan pinus, melewati jalanan desa dengan pemandangan pegunungan. Seru tentunya.

Penginapan

Kalau mau menginap di sini, selain hotel (kapasitas 2 orang/kamar), ada juga pilihan penginapan Pondok Wisata, yakni berupa rumah pedesaan dari kayu (kapasitas 6 orang) yang berada di atas hamparan rumput di sela-sela hutan pinus. Mau camping di sini juga aman. Bisa camping keluarga, bisa juga camping massal. Di area bumi perkemahannya tersedia petak-petak alas papan yang dimaksudkan agar dasar tenda tidak basah oleh embun atau saat hujan.

Kuliner

Sudah capek outbond, nikmat banget pas lapar menyantap aneka sajian menu. Makannya bisa di Saung Lesehan, berupa gubuk kecil bersahaja. Area kuliner lainnya ada Restoran Sunda Buana yang menyajikan masakan sunda. Ada pula Restoran Sangkuriang yang tempatnya bernuansa Bali dan menyajikan menu spesial chinese food & seafood. Di sini tersedia kesenian tradisional seperti angklung & tari jaipong, cocok untuk menjamu tamu wisatawan asing. Kalau berwisata rombongan, bisa makan prasmanan di Pendopo Hutan (kapasitas 100 orang, tersedia sound system untuk hiburan) yang terletak di kawasan hutan terbuka. Atau di Aula Bambu, bangunan berkapasitas 600 orang yang mengadopsi konsep balai desa di Jawa Barat. Untuk hiburan ada live music tersedia.

Beragam banget pilihannya kan?

SAM_0213

Sewaktu ke sini bersama teman-teman, saya tidak bisa melupakan serunya menjajal flying fox untuk pertama kalinya, nyobain menaklukkan tantangan berjalan di atas jembatan tali 2 dan jembatan gantung yang mendebarkan, serta nyoba turun tebing. Yang terakhir ini bikin lutut sakit-sakit karena saya tidak bisa mempraktekkan arahan instruktur, hehe. Dan yang tak kalah memorable adalah makan bareng di saung lesehan menikmati sajian masakan khas sunda. Meski kunjungannya singkat, tak sampai menginap dan menjajal banyak fasilitas, tetap berkesan dan terasa serunya!

Terminal Wisata Grafika Cikole, Tempat Outbond Seru di Lembang Bandung
5 (100%) 1 vote
(Visited 11,373 times, 5 visits today)


About

Saya blogger penyuka buku, film, puisi, jalan-jalan, & makan-makan :)). Cerita saya bisa dibaca di http://twinkle-euisry.blogspot.com


'Terminal Wisata Grafika Cikole, Tempat Outbond Seru di Lembang Bandung' have 18 comments

  1. 10/09/2015 @ 5:07 pm Rinrin Irma Rahmawati

    Pernah ke siniiii… pertama kali aku main flying fox itu di sini, dan deg-degan da flying foxnya panjang… 😀

    Anak-anak juga suka bisa petik strawberry + lihat rusa di sini 😀

    Reply

    • 10/10/2015 @ 4:55 pm Euis Sri Nurhasanah

      Sama. Aku juga pertama kali nyoba flying fox di sini :D. Aku cuma lewat kebun strawberry-nya aja, nggak masuk tapi.

      Reply

  2. 10/09/2015 @ 5:26 pm Nathalia DP

    seru ih, lengkap bgt ya…
    pengen nyobain nginep di pondoknya…

    Reply

    • 10/10/2015 @ 4:56 pm Euis Sri Nurhasanah

      Iya, dan banyak pilihan.
      Aku juga pengen tuh nyobain sensasi nginep di hutan pinus, camping atau di pondoknya.

      Reply

  3. 10/09/2015 @ 6:54 pm Noniq

    Wuuaaaa, tempatnya bagus ^^ kapan-kapan mampir deh 🙂

    Reply

  4. 10/10/2015 @ 8:46 am Eva Sri Rahayu

    Udah sering denger tempat ini tapi belum-belum juga ke sana 🙁

    Reply

  5. 10/10/2015 @ 10:12 am aya

    Yahhh, Bandung mahh selalu kereenn, Mbakkk. Jatuh cinta aku dari dulu sama Pak Wali, UWUWUUW
    Mbak, lihat foto ini jadi pengen cepet-cepet bulan madu hahahaha

    Reply

    • 10/13/2015 @ 2:46 pm Euis Sri Nurhasanah

      Waduh… Kok? Hehe, lha wong ini mainannya aktivitas outdoor :D. Etapi bisa poto2 pre wed di hutan pinusnya ituh :D.

      Reply

  6. 10/10/2015 @ 7:31 pm Kornelius ginting

    Tempatnya bagus… Baru tau juga di bandung ada terminal seperti jnj 🙂 kirain kumpulan bis… Rupanya kumpulan tempat wisata

    Reply

    • 10/13/2015 @ 2:47 pm Euis Sri Nurhasanah

      Iya, asyik juga tempatnya. Dulu sih namanya yg lebih terkenal itu Taman Grafika Cikole. Dari namanya gak nyangka juga isinya ternyata begini :).

      Reply

  7. 10/11/2015 @ 7:04 am Zahra Rabbiradlia

    Dulu sempat ada rencana outbond di sini dan bahkan sudah survey. Eh gak jadi -.-

    Reply

  8. 10/16/2015 @ 12:06 pm Evi Sri Rezeki

    Dulu pas suka jadi EO suka ke sini 🙂

    Reply

  9. 10/16/2015 @ 4:57 pm Nia Haryanto

    Pengen outbond laaaah….

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloBandungku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool