helloBandungku

Tempat Bersejarah Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi

Untuk para travellers yang hendak liburan ke Bandung nih. Bandung memiliki banyak sekali tempat dan gedung yang memiliki sejarah. Karena banyak, maka saya hanya ingin bercerita tentang tempat bersejarah di Bandung yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke Bandung. Dan tempat bersejarah ini cukup happening banget deh di Bandung.

Ada sepuluh tempat bersejarah yang wajib dikunjungi versi saya.

  • Kilometer Nol ( 0 ). KM 0 adalah merupakan titik dimana dulu Daendels menancapkan tongkatnya kemudian berkata “coba usahakan, bila aku datang ke tempat ini sebuah kota sudah terbangun.” Kilometer 0 ini pun ditandai dengan  adanya sebuah monumen kecil. Dan titik kilometer 0 ini pun telah dianggap sebagai sentra kota Bandung.

    Kilometer Nol Bandung

    Sumber : Infobdg(dot).com

  • Alun – alun Bandung. Konsep yang diusung alun – alun Bandung ini adalah catur Gatra, yang mana berasal dari kerajaan Mataram. Alun – alun merupakan lahan dengan berbentuk persegi empat dan terbuka, digunakan untuk tempat warga kota berkumpul, bisa juga digunakan untuk kegiatan sosial dan budaya juga sering dijadikan untuk berlangsungnya upacara. Namun sekarang, alun – alun Bandung juga digunakan sebagai sarana rekreasi keluarga untuk melepaskan penat, asik.
Alun - alun Bandung

Sumber : Cikalnews(dot)com

    • Jalan Asia Afrika. Jalan terpanjang, iyalah bayangkan saja jalannya saja dari Asia ke Afrika, hehe. Jalan Asia Afrika ini bahkan menjadi saksi bagi pembangunan awal di pusat kota Bandung. Sepanjang jalan Asia Afrika ini masih banyak bangunan – bangunan yang penuh sejarah dan memiliki nilai historis yang tinggi, salah satunya Alun – alun Bandung, Hotel Savoy Homan, Gedung merdeka. Jalan Asia Afrika ini juga dianggap sebagai jalan utamanya kota Bandung. Oh iya, di sepanjang jalan Asia Afrika ini juga jangan heran jika setiap malam, siang atau sore hari banyak sekali warga yang sedang selfie.
Jalan Asia Afrika

Sumber : infobdg(dot)com

  • Masjid Agung. Pasti disetiap kota suka ada yah masjid agung, sama nih di Bandung juga ada, masjid yang dibangun pada tahun 1812 ini tuh merupakan masjid pertama di Bandung. Awalnya masjid Agung ini dirancang dengan gaya lokal sederhana, semacam rumah panggung gitu lah. Hampir mencapai 200 tahun ini, masjid Agung ini sudah mengalami sekitar delapan kali renovasi lho.
Masjid Agung

sumber : infobdg(dot)com

  • Gubernuran. Gubernuran ini dibangun sekitaran tahun 1864 yang mana pada masa itu menjadi kediaman residen priangan pada masa itu, Van Der Moore. Yang sebelumnya residen priangan itu berada di Cianjur, karena Gunung Gede meletus dan menghancurkan kota Cianjur pada masa itu. Maka, lokasi pun segera dipindahkan.
Gubernuran

sumber : rumahdinaspejabat(dot)blogspot(dot)com

  • Vila Isola. Gedung Vila Isola ini merupakan gedung art deco karya C.P Wolff schoemaker serta dianggap sebagai bangunan yang berhasil menyatukan lingkungan dengan bangunan. Seiring perkembangannya, bangunan ini pernah dialih fungsikan menjadi hotel sebelum kemudian dijadikan perguruan tinggi pendidikan guru oleh kementerian pendidikan pada tahun 1953, dan kini jika ingin mengunjungi bangunan unik ini bisa ke UPI (Universitas Pendidikan Indonesia).
Vila Isola

Sumber : pendidikanindonesia(dot)com

  • Jalan Braga. Wah pastinya sudah tidak aneh lagi dengan jalan braga ini, jalan ini pun adalah jalan yang paling bergengsi di Hindia Belanda pada tahun 1920 sampai 1930 an. Yang kemudian muncullah gedung – gedung publik dan komersial pada tahun itu. Aktor Charlie Chaplin pun pernah berjalan – jalan di jalan Braga ini. Bahkan para delegasi KAA pada 1955 pun pernah berjalan sepanjang jalan Braga. Jadi ga heran deh kalau jalan ini pernah dijuluki “The most fashionable street in the east indies”.
Jalan Braga Bandung

sumber : sobatpetualang(dot)com

  • Gedung Merdeka. Pada awalnya gedung Merdeka ini adalah club house societeit Concordia, yang kemudian dilestarikan menjadi salah satu bangunan yang memiliki nilai historis di Bandung. Di gedung Merdeka inilah Konferensi Asia Afrika dilangsungkan pada tahun 1955. Dan kemudian pada tahun 1980 tanggal 24 april, diresmikanlah Museum Asia Afrika yang berada disayap kiri gedung Merdeka.
  • Gedung Merdeka
  • Gedung Konvensi Landmark. Awalnya gedung ini merupakan toko buku dan percetakan Can Dorp yang bergaya art deco hasil karya C.P Wolff Schoemaker. Dan katanya sih hasil penjualan yang dihasilkan toko buku dan percetakan ini bisa membangun villa mewah sebanyak 50 lho pada masa itu. Ciri khas bangunan ini adalah dengan hiasan kala (pahatan yang seperti di candi – candi) dan kaca patrinya yang warna – warni. Kalau sekarang ingin berkunjung ke gedung ini silakan, apalagi jika sedang ada pameran, pasti rame.

Gedung Konvensi Landmark

  • Stasiun Pusat Kereta Api Bandung. Karena pertumbuhan ekonomi yang pesat menjelang akhir abad 19 maka dibukalah jalur transportasi. Tahun 1884, ajlur kereta api dari Batavia tiba untuk pertama kalinya di kota Bandung. Semenjak itu Bandung jadi semakin terbuka dan ramai pengunjung, sampai sekarang.
Stasiun Pusat Kereta Api Bandung

sumber : sebandung(dot)com

Nah, menarik bukan? Para travellers bisa menikmati liburan sambil mengenalkan sejarah pada anak – anak. Pasti akan menyenangkan. Siapkan powerbank untuk charge phone cell nya ya travellers atau siapkan kamera dan tongsisnya untuk mengabadikan momen liburan di Bandungnya.

Tempat Bersejarah Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi
5 (100%) 4 votes
(Visited 432 times, 1 visits today)


About

Ordinary mom and wife with extraordinary dreams. Blogger, Buzzer, Content Writer. Silakan kunjungi blog pibadi : www.tianlustiana.com dan www.parentian.com "Reaching the world with the words"


'Tempat Bersejarah Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi' have 18 comments

  1. 10/09/2015 @ 1:39 pm Wida Zee

    Boleh juga kapan-kapan berkunjung ke bandung tempatnya asik sih kata temen-temen yang udah kesana 😀

    Reply

  2. 10/09/2015 @ 4:10 pm Euis Sri Nurhasanah

    Banyak yang menarik di Bandung. Asyik banget kalau jalan-jalan bisa sambil belajar sejarah & sekalian foto2 :).

    Reply

  3. 10/09/2015 @ 5:00 pm Ety Abdoel

    Bandung makin cakep aja.

    Reply

  4. 10/09/2015 @ 5:09 pm Rinrin Irma Rahmawati

    Bandung emang kota sejarah ya, Teh.. mudah-mudahan bangunan peninggalan sejarahnya awet dan terus dirawat…

    Reply

  5. 10/09/2015 @ 5:29 pm Nathalia DP

    penasaran sama vila isola & gedung merdeka

    Reply

  6. 10/09/2015 @ 6:54 pm Noniq

    Baru tau yang km0, makasih artikelnya 🙂 jadi nambah wawasan nih ^^

    Reply

  7. 10/10/2015 @ 7:37 am qhachan

    pas bgt lagi nyari wisata di bandung..mak yang baby friendly mana aja sih? XD

    Reply

  8. 10/10/2015 @ 2:33 pm ica

    Bandung tea 🙂

    Reply

  9. 10/11/2015 @ 7:02 am Zahra Rabbiradlia

    Gubernuran itu Gedung Pakuan ya teh.
    Eh itu C. P. Wolff Schoemaker keren ya bikin bangunan yang keren-keren.

    Reply

  10. 10/16/2015 @ 12:03 pm Evi Sri Rezeki

    Alhamdulillah udah pernah ke sana semua *\^^/*

    Reply

  11. 10/17/2015 @ 5:12 am Nia Haryanto

    Aku belom pernah masuk villa Isola. Pensaran deh…

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloBandungku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool