Situ Lembang Rancabali

Situ Lembang Rancabali: Keindahan Alam Tersembunyi di Kawasan Kebun Teh

Ezytravellers, pernah dengar Situ Lembang? Sekilas dilihat dari namanya, kita mungkin akan bisa segera menebak bahwa Situ Lembang ini merupakan sebuah danau yang ada di Lembang. Yap, tebakan itu tidak salah juga sih. Memang ada yang namanya Situ Lembang di Lembang, di antara kaki Pegunungan Tangkuban Perahu & Burangrang. Tapi tempat yang saya ceritakan ini bukan Situ Lembang yang itu. Yang ini Situ Lembangnya terdapat di daerah Ciwidey, Bandung Selatan. Nah lho, ternyata Bandung punya 2 Situ Lembang yang berbeda rupanya…

Saya tidak tahu kenapa tempat ini dinamai Situ Lembang. Baru tahu ada situ ini di Ciwidey ketika di suatu sore di awal Mei 2014 tahu-tahu saya sudah berada di lokasinya. Hehe, betulan, cuman ngikut acara jalan-jalan kantor. Hanya tahu mau ke Ciwidey, dan pastinya yang terkenal ada Kawah Putih, Situ Patenggang, Agrowisata Kebun Strawberry. Tapi kalau Situ Lembang baru dengar pas udah nangkring di mobil menuju sana :D.

Kalau saat itu saya baru tahu ada Situ Lembang Ciwidey, tampaknya masih bisa dimaafkan lah, bukan karena kudet amat. Soalnya tempat ini memang belum sepopuler Situ Patenggang. Tempatnya juga belum banyak tersentuh pembangunan infrastruktur. Lokasinya berada di salah satu area kawasan Perkebunan Teh Rancabali yang dikelola oleh PTPN Nusantara VIII. Sewaktu ke sana, kami sempat agak kesulitan mengenali patokan arah masuk lokasinya, hampir saja kelewatan. Dari jalan utama di antara perkebunan teh, jalur masuk ke Situ Lembang berupa jalan yang tidak berapa luas untuk dilewati mobil.

Situ Lembang Rancabali

Sudah sore saat tiba di sana. Tempatnya terlihat indah dengan suguhan suasana alam yang sejuk dan bersahaja. Pemandangan yang menarik perhatian adalah air tejun kecil yang mengalir deras di antara batu-batu. Sebuah jembatan bambu sederhana melintang di depan air terjun tersebut. Pemandangan tersebut dibingkai dengan struktur tanah yang berundak-undak. Di bawahnya ada semacam danau kecil. Suasana tempat tersebut dipermanis dengan saung-saung bambu dan tanaman berbunga. Asyik banget rehat duduk-duduk di saungnya sambil ditemani suara gemericik air terjun.

Situ Lembang Rancabali

Di salah satu sisi ada anak tangga yang bisa dilalui untuk menuju jembatan bambu dekat air terjun. Kalau pendakian diteruskan lebih ke atas lagi, kita akan sampai di sebuah tempat terbuka yang tidak terlihat dari bawah. Di sana terletak sebuah situ (danau) yang lebih besar daripada yang di bawah tadi. Area di sekitar pinggir situ ini merupakan tempat yang bisa dijadikan untuk berkemah (camping ground). Ada warung dan gazebo, serta apa yang tampak seperti jembatan gantung. Mungkin buat outbond yang berkemah.

Situ Lembang Rancabali

Situ Lembang Rancabali

Di area ini kita bisa makan-makan dan jajan camilan di warung khas Sunda. Sewaktu senja datang dan malam menjelang, udara menjadi sangat dingin menggigilkan, khas daerah pegunungan. Itu adalah waktu yang tepat untuk menyeruput minuman hangat berupa bandrek dan bajigur. Dan menyalakan api unggun. Kemudian makan ikan bakar. Ikannya pesan buat makan rame-rame, dapat mancing langsung dari situnya. Nikmatnya!

Kata bapak yang jaga, Situ Lembang ini danau buatan. Dulunya, sekitar 200 tahunan lalu dibangun oleh leluhur untuk sumber air & pengairan lahan tanaman. Tempat ini selain menyajikan keindahan alam yang bersahaja, juga menyuguhkan suasana alam yang tenang. Cocok buat yang sedang merindukan suasana alam demikian.

Situ Lembang Rancabali: Keindahan Alam Tersembunyi di Kawasan Kebun Teh
5 (100%) 1 vote
(Visited 1,211 times, 1 visits today)


About

Saya blogger penyuka buku, film, puisi, jalan-jalan, & makan-makan :)). Cerita saya bisa dibaca di http://twinkle-euisry.blogspot.com


'Situ Lembang Rancabali: Keindahan Alam Tersembunyi di Kawasan Kebun Teh' have 3 comments

  1. 11/21/2015 @ 11:07 am izna

    Wah baru tau tempat ini, saya hanya hapal yang di utara.

    Reply

  2. 11/21/2015 @ 11:33 pm April

    indah ya? moga bisa ksana suatu hari nanti 😀

    Reply

  3. 11/25/2015 @ 10:31 am Nathalia Diana Pitaloka

    asyiknya bikin api unggun sambil mkn ikan bakar…

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloBandungku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool