Observatorium Bosscha Bandung

Serunya Meneropong Bintang di Observatorium Bosscha Bandung

Ezytravellers, selain Sundial Puspa Iptek, destinasi wisata edukasi yang terkenal lainnya di kota Bandung adalah Observatorium Bosscha, atau yang popular disebut sebagai Teropong Bintang Bosscha. Buat kalian yang gemar bertualang dengan hal-hal yang berbau Sains dan Teknologi, observatorium Bosscha menjadi tempat yang wajib untuk kalian sambangi.

Observatorium Bosscha merupakan lembaga penelitian Astronomi modern pertama di Indonesia. Tak hanya itu saja, observatorium yang dikelola oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) ini juga mempunyai peran yang unik, yaitu sebagai penegak ilmu astronomi dengan satu-satunya observatorium terbesar di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara.

Observatorium Bosscha Bandung

Source : danahausesm (dot) blogspot (dot) com

Akan tetapi meskipun observatorium Bosscha termasuk ke dalam lembaga keilmuan yang formal, observatorium juga memiliki program pengabdian kepada masyarakat. Jadi masyarakat umum dapat menikmati fasilitas yang ada di observatorium Bosscha ini. Bentuknya bermacam-macam. Ada ceramah, diskusi, dan kunjungan terpandu ke fasilitas teropong untuk melihat objek-objek langit. Dengan demikian, selain diperkenalkan pada keindahan angkasa luar, masyarakat juga mendapatkan deskripsi ilmiah mengenai alam raya dari para ilmuwan yang ada di observatorium Bosscha.

Observatorium Bosscha Bandung

Source : visitlembang (dot) com

Observatorium Bosscha termasuk ke dalam Benda Cagar Budaya sejak tahun 2004. Dan keberadaannya dilindungi oleh UU Nomor 2/1992 tentang Benda Cagar Budaya. Selanjutnya, di tahun 2008, Observatorium Bosscha ditetapkan sebagai salah satu Objek Vital nasional yang harus diamankan oleh pemerintah.

Observatorium Bosscha Bandung

Salah satu teropong di Bosscha – blog (dot) butikdukomsel (dot) com

Ezytravelers, kalian bisa berkunjung ke observatorium Bosscha di siang atau malam hari. Di kunjungan siang, kalian dapat melihat cara kerja teleskop Zeiss dan mendapat informasi Astronomi di ruang multimedia. Ada pun di kunjungan malam hari, jika langit cerah (tidak mendung/hujan/berkabut), kalian dapat melihat cara kerja teleskop Zeiss, mendapat informasi Astronomi di ruang multimedia, serta meneropong benda-benda luar angkasa, terutama bintang secara langsung dengan teleskop portable dan teleskop Bamberg.

Observatorium Bosscha Bandung

Teleskop Zeiss – Panoramio

Ezytravelers, agar wisata edukasi kalian ke observatorium yang dibangun oleh Belanda ini berjalan lancar, pastikan ingat selalu beberapa informasi dan tip berikut ini, ya.

  • Kunjungan siang, dari Selasa sampai Jumat, berlaku untuk kunjungan sekolah/instansi/organisasi, dimulai dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 14.30 WIB. Waktu ini dibagi ke dalam 3 sesi. Masing-masing sesi lamanya sekitar 1,5 jam dengan kapasitas 200 orang.
  • Kunjungan siang hari Sabtu hanya berlaku untuk kunjungan keluarga/perorangan. Dimulai dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 13.00 tanpa pembagian sesi.
  • Kunjungan malam mempunyai jadwal sendiri. Kalian harus tahu jadwalnya terlebih dahulu sebelum ke sana, sebab di sana sudah ditentukan hari dan tanggal bukanya. Tentu saja hal ini berhubungan dengan cuaca di malam-malam tersebut agar pengunjung bisa meneropong.
  • Secara umum, kunjungan malam biasanya dilakukan di hari Kamis dan Jumat. Dimulai pukul 17.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB. Dengan kapasitas pengunjung 200 orang per malam.
  • Biaya masuk observatorium Bosscha adalah Rp20.000,- per orang.
  • Di kunjungan malam, kalian bisa meneropong dengan teleskop Bamberg dan teleskop portable. Teleskop Zeiss tidak digunakan untuk umum.
  • Untuk kunjungan siang (kunjungan perorangan), kalian bisa langsung datang ke sana dan beli tiket. Adapun untuk kunjungan malam, kalian harus reservasi terlebih dahulu via telepon.
  • Untuk kunjungan sekolah/instansi/organisasi, terlebih dahulu harus memberikan surat tertulis dengan menggunakan kop sekolah/instansi/organisasi kepada pihak observatorium. Di dalam surat dicantumkan hari, waktu, dan tanggal berkunjung; jumlah orang; kelompok usia; serta telepon yang bisa dikunjungi.

Mengunjungi observatorium Bosscha sangatlah seru. Terutama untuk kunjungan malamnya. Sebab kalian bisa meneropong bintang sendiri. Kalian bisa membawa keluarga, teman-teman, atau pasangan kalian ke tempat ini. Jangan lupa untuk menaati peraturan yang ada di sana, ya. Supaya kunjuntgan kalian ke sana tak ada gangguan. Yuk pesan tiket ke Bandung dan segera pesan tempat untuk berkunjung ke observatorium Bosscha sekarang juga.

Serunya Meneropong Bintang di Observatorium Bosscha Bandung
5 (100%) 1 vote
(Visited 366 times, 1 visits today)


About

Blogger | Freelance Writer | Ghost Writer | Editor


'Serunya Meneropong Bintang di Observatorium Bosscha Bandung' have 6 comments

  1. 11/20/2015 @ 5:14 pm Renggo

    Belum pernah berkunjung ke sana. Padahal sejak dulu dikomporin sama guru SD. XD

    Btw, murah juga, cuma 20ribu.

    Reply

  2. 11/20/2015 @ 9:59 pm Agusman Rizal

    Seru banget kayaknya…alat teropong bintang….pengen suatu saat kesana…

    Reply

  3. 11/21/2015 @ 3:07 am Hastira

    wah aku ke sini jaman sekolah dulu, artinya dah lama banget , mungkin sudah ada berubah kali ya

    Reply

  4. 11/21/2015 @ 10:36 am izna

    Saya baru tiga kali kesini teh, dan dua diantaranya lagi tutup -_-‘

    Reply

  5. 11/25/2015 @ 10:37 am Nathalia Diana Pitaloka

    oh perorangan juga bisa yah

    Reply

  6. 12/08/2015 @ 7:45 pm dWi

    Pas kemarin ke Bandung mau mampir ke ini, tp sayang weekdays hny diperuntukan institusi saja ya bukan perorangan yg hny bisa di kala weekends. Hiks…

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloBandungku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool