Selasar Sunaryo

Selasar Sunaryo, Destinasi Wisata Seni di Kota Bandung

Ezytravellers, kalian tentu sudah tahu, di Bandung, di antara banyak macam tempat wisata, tersebutlah tempat wisata seni. Dan dari sekian banyak tempat yang bisa dijadikan tempat berwisata seni, Selasar Sunaryo adalah tempat yang cukup ngehits. Jadi, jika kalian sangat menyukai dunia seni, sudah sewajarnya kalian menuliskan Selasar Sunaryo sebagai salah satu destinasi yang ada di dalam agenda jalan-jalan kalian.

Selasar Sunaryo adalah galeri seni yang cukup terkenal di Bandung. Selasar Sunaryo ini terletak di Bandung bagian utara. Tepatnya di Jalan Bukit Pakar Timur No.100 Bandung. Pada awal didirikannya, yaitu oleh Sunaryo, seorang seniman yang juga merupakan mantan dosen seni rupa Institut Teknologi Bandung, galeri ini hanya menampilkan seni kontemporer. Akan tetapi kini, Selasar Sunaryo juga memfasilitasi berbagai kegiatan yang berhubungan dengan jenis-jenis seni lain. Misalnya saja desain, kriya, seni pertunjukan, sastra, arsitektur, dan lain sebagainya. Sehingga tak jarang, di Selasar Sunaryo diadakan juga konser musik, pementasan teater, pemutaran film, pembacaan karya sastra, ceramah, dan lain-lain. Tak hanya berasal dari dalam negeri, pementasan, pagelaran, atau pameran yang ada di Selasar Sunaryo juga sering diikuti dan diselenggarakan (kerjasama) oleh seniman-seniman luar negeri.

Selasar Sunaryo

Tampak depan salah satu Galeri Selasar Sunaryo

Galeri seni yang diresmikan pada hari Sabtu, 5 September 1998 ini memiliki bangunan-bangunan yang cukup unik. Ada ruang A (Gallery A), Ruang B (Gallery B), Ruang Sayap (Wing Gallery), dan Bale Tonggoh (Upper Hall) yang merupakan tempat dipajangnya berbagai macam karya seni. Ada Stone Garden yang juga tempat menampilkan karya seni tetapi berada di luar ruangan. Ada Bale Handap (Aula Bawah), Rumah Bambu (Bamboo House), dan Amphiteather yang bisa disewakan untuk berbagai macam keperluan. Ada Pustaka Selasar yang memberikan fasilitas kepada publik dalam hal mencari berbagai macam dokumen. Serta ada Cinderamata Selasar (Selasar Artshop) yang menyediakan cinderamata untuk oleh-oleh dan juga Kopi Selasar (Selasar Cafe) yang menyediakan makanan dan minuman bagi pengunjung ketika berada di sana.

Selasar Sunaryo

Pustaka Selasar Sunaryo

Selasar Sunaryo

Amphiteater Selasar Sunaryo

Beberapa program yang pernah diadakan Galeri Selasar Sunaryo misalnya saja adalah Cryptobiosis: Seeds of the World; Urat Jagat: Poetry Performing Arts; Bandung Photo Showcase; transit #3; Selasar Kids Program 2015: Bermain Bersama Komunitas Hong; Pameran Tunggal Arin Dwihartanto; dan masih banyak yang lainnya.

Selasar Sunaryo

Berbagai acara yang diadakan di Selasar Sunaryo

Ezytravellers, agar kunjungan kalian ke Selasar Sunaryo berjalan lancar, pastikan kalian mengingat tip-tip berikut, ya.

  • Selasar Sunaryo terbuka untuk umum. Dari hari Selasa – Minggu, pukul 10.00 – 17.00 WIB. Dan hari Senin atau hari libur nasional, tempat ini tutup.
  • Masuk ke Selasar Sunaryo tidak dikenakan biaya apa pun.
  • Di Selasar Sunaryo, kalian tidak boleh merokok, di dalam ruangan atau pun di dalam ruangan.
  • Kalian tidak diperbolehkan mengambil gambar atau mengambil foto serta mengambil film/video dan menyebarkannya tanpa seizin pihak galeri.
  • Kalian tidak diperbolehkan menyentuh karya seni yang ada di sana. Penyebabnya tentu karena benda-benda seni yang ada di sana sangat rapuh.
  • Tidak boleh membawa makanan dan minuman dari luar. Makanan dan minuman bisa dibeli di Kopi Selasar (Selasar Café).
  • Untuk kalian yang datang rombongan, misalnya dari sekolah atau kelompok lainnya, diharuskan menghubungi pihak Selasar Sunaryo terlebih dahulu. Minimal 7 hari sebelum tanggal kunjungan.

Nah Ezytravellers, bagaimana? Kalian tertarik untuk berwisata seni ke Selasar Sunaryo? Yuk segera pesan tiket ke Bandung sekarang juga. Unik dan artistiknya Selasar Sunaryo beserta program-programnya sudah menunggu kalian di Bandung. Happy Travelling!

Referensi: selasarsunaryo(dot)com

Selasar Sunaryo, Destinasi Wisata Seni di Kota Bandung
5 (100%) 1 vote
(Visited 526 times, 1 visits today)


About

Blogger | Freelance Writer | Ghost Writer | Editor


'Selasar Sunaryo, Destinasi Wisata Seni di Kota Bandung' have 4 comments

  1. 11/12/2015 @ 5:46 pm Nathalia Diana Pitaloka

    saya baru sekali ksana, dan itupun cmn ke kafenya heuheu… jmn br lulus kuliah dulu 😀

    Reply

  2. 11/13/2015 @ 4:07 pm Fajruddin Muchtar

    deket rumah nih

    Reply

  3. 11/21/2015 @ 10:54 am izna

    Belum pernah kesini, asal udah izin dulu boleh yah motret di dalam?

    Reply

  4. 03/05/2016 @ 2:20 pm Oca

    Buat pecinta seni. Don’t miss it

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloBandungku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool