Jajanan Murah di Bandung

Roti  Bakar Paling Enak di Bandung

Mau cari kuliner yang merakyat dan Bandung banget  saat wisata di Kota Kembang sebenarnya tak begitu sulit.  Salah satu  yang sangat ngehits di Bandung adalah kuliner roti bakarnya. Mungkin di kota lain juga ada, tapi di Bandung sangat khas. Selain karena rotinya, juga bumbu oles isinya.

Tak terbilang banyaknya jumlah kedai roti bakar. Dari kelas pinggir yang hanya bisa dibeli dan dibawa pulang, hingga kelas café yang menyajikan suasana nyaman untuk makan di tempat. Dan berikut adalah tiga roti bakar yang menurut sayaa sangat layak untuk dicicipi siapapaun pemburu kuliner khas Bandung.

Roti Bakar Gang Kote

Jajanan Murah di Bandung

Roti Gang Kote yang ngehits di Bandung. (Foto: Benny Rhamdani)

Menurut saya inilah roti bakar paling juara di Bandung. Terletak di mulut sebuah gang di pinggir Jalan Jendral Sudirman. Nama gangnya adalah Gang Kote. Letaknya tak seberapa jauh dari toko obat Pandu yang beken itu. Atau kalau masih bingung, dari arah Alun-Alun Bandung tinggal berjalan lurus ke earh barat, melewati perempatan Jalan Oto Iskandar Dinata, dan berjalan sekitar beberapa puluh meter akan segera menemukan kedai roti bakar Gang Kote.

Nama kedainya sendiri adalah Roti Bakar 234. Dulu setahu saya Roti Bakar 555. Tapi begitu merk roti yang dipakai berganti, nama kedai pun berubah. Apapun namanya, orang tetap menyebutnya Roti Bakar Gang kote.

Roti bakar satu ini tidak menyediakan kursi untuk menyatap roti di tempat.  Maklum, letaknya di mulut gang. Meski demikian yang antre lumayan panjang pada malam hari. Oh iya, gerobaknya buka selepasa adzan Ashar. Saya datang pukul empat sore pun mereka baru beres berbenah.

Jajanan Murah di Bandung

Isi roti bakar bisa pilih sesuai selera. (Foto: Benny Rhamdani)

Jajanan Murah di Bandung

Yang ini asli dibakar. (Foto: Benny Rahmdani)

Jajanan Murah di Bandung

Rasanya enyak. Serius! (Foto: Benny Rhamdani)

Ada dua pilihan dasar rasa roti bakar, seperti umumnya di Bandung. Asin dan manis. Sebenarnya itu perpaduan saja antara keju, selai stroberi, cokelat, mesis, dan selai kacang.  Kita bisa kok memadukan sendiri sesuai selera. Tapi isi cokelat dan kacang adalah favorit saya.

Kekhasan roti bakar ini adalah rotinya memang dibakar/panggang di alat pembakaran. Beda dengan lainnya yang dipanggang di atas alas oven. Jadi aroma pembakaran membuat rotinya sangat wangi.  Jenis rotinya pun sangat berkualitas. Lihat saja tekstur bagian dalamnya yang rapat dan lembut.

Roti Bakar Gempol

Jajanan Murah di Bandung

Aroma proses pembakaran di Roti Gempol bikin nafsu makan meningkat. (foto: Benny Rhamdani)

Ini adalah roti bakar legendaris di Bandung yang juga merupakan favorit banyak pecinta roti bakar.

Kedai roti Gempol yang berdiri tahun 1958 berlokasi di gang kecil jalan Gempol Wetan. Kedai ini berada di perkampungan penduduk yang padat. Bagi yang belum tahu, bisa masuk dari jalan Trunojoyo, lalu ke Jalan Tirtayasa. Nanti akan bertemu Jalan Gempol.

Roti Gempol sudah buka pukul 7.00 karena memang menjadi target pelanggannya untuk sarapan. Di akhir pekan biasanya mereka yang habis jogging di Gasibu atau GOR Saparua datang ke sini. Juga para biker.

Untuk mendapatkan roti yang lezat silakan pilih sesuai selera, yang manis atau asin (gurih). Ordaran kita harus ditulis sendiri. Jika bingung dengan pilihan silakan tanyakan kepada pelayan. Saya sendiri menyukai roti bakar manis dengan selai cokelat, kacang, dan stroberi.

Kedainya sendiri tak terlalu luas. Kadang pelanggan makan sampai ke luar atau memilih membungkus. Tapi buat saya, makan di tempat memiliki sensasi tersendiri karena bisa mencium aroma roti yang dibakar. Oh iya, rotinya dibuat sendiri di dekat kedainya. Selain roti, di Roti Gempol juga dijual roti isi dan donat rumahan.

Jajanan Murah di Bandung

Porsi pas untuk sarapan. (Foto: Benny Rhamdani)

Harganya masih di bawah Rp10.000 untuk porsi per orang. Tapi belum termasuk minuman. Jika pesan untuk group malah jatuhnya lebih murah sekitar Rp50.000-an bisa untuk tujuh orang.

Roti Bumbu Bakar Cari Rasa

Jajanan Murah di Bandung

Salah satu roti bakar legendaris di Bandung. (Foto: Benny Rhamdani)

Di bilangan Pasar Kosambi, Jalan Ahmad Yani, berdiri sebuah kios roti bakar sejak tahun 1960. Saya ingat sekali ketika tahun 1980-an sering nonton film di Bandung Theater (sekarang sudah tak ada) sempat mencicipinya sekali dan rasanya terus saya ingat sampai berpuluh-puluh tahun kemudian.

Merk Cari Rasa terbilang sangat popular di Bandung karena hampir setiap roti bakar memakainya. Saya tidak tahu apakah itu benar-benar cabang dari Roti Bumbu Bakar Cari Rasa yang ada di Pasar Kosambi.

Jajanan Murah di Bandung

Proses pembakaran di Cari rasa. (Foto: Benny Rhamdani)

Jajanan Murah di Bandung

Dijamin kenyang. (Foto: Benny Rhamdani)

Kedainya selalu ramai baik siang, sore, maupun malam. Pembeli bisa memilih tiga jenis pilihan roti, besar, sedang dan kecil. Begitu pula isiannya silakan pilih sendiri. Kita juga bisa melihat langsung roti pilihan kita dioles bumbu alias lapisannya. Yang saya kagumi adalah tempat pembakarannya yang tampak sudah tua, seperti pembakaran roti masa lalu yang tampaknya dipertahankan.

Jika ingin membeli makanan ringan atau oleh-oleh khas Bandung, kita tinggal berjalan beberapa meter saja dari kedai Cari Rasa.

Di luar tiga roti bakar tersebut, jangan lupa mencicipi roti bakar lainnya yang menurut saya layak dicoba, yakni Roti Bakar Cicaheum, Madtari Café, dan  Warung UpNormal.

Roti  Bakar Paling Enak di Bandung
4.67 (93.33%) 3 votes
(Visited 10,189 times, 16 visits today)


About

A lifestyle blogger lives in Bandung


'Roti  Bakar Paling Enak di Bandung' have 13 comments

  1. 11/04/2015 @ 2:37 pm Ivan Binuki

    Sepertinya Yummy banget nih… harus bawa peta kalau ke Bandung soalnya banyak yang di Gang…

    Reply

    • 11/04/2015 @ 5:09 pm Benny Rhamdani

      ajak saya aja 🙂 justru yang enak dan murah itu banyak di gang atau jalan kecil 🙂

      Reply

  2. 11/04/2015 @ 4:57 pm Tanti Amelia

    wah, belom apa apa udah bikin ngecessss…….

    Reply

  3. 11/04/2015 @ 5:37 pm Nia Haryanto

    Udah lamaaaaaa banget gak makan roti Gang Kote. Sono ih…

    Reply

  4. 11/05/2015 @ 9:35 am TS

    Selama di Bandung kok belum bisa bedain rasa roti bakar ya. Apapun dilahap aja dan testimoninya enak apalagi kalau gratis.. ini mah bukan cuma roti

    Reply

  5. 11/05/2015 @ 10:07 am Nathalia Diana Pitaloka

    deuh jd laper baca ini, pas jam ngemil pula 😀

    Reply

  6. 11/05/2015 @ 1:00 pm izna

    Coklat kacang 1 kang 🙂

    Reply

  7. 12/16/2016 @ 11:34 pm Aileen

    Cheers pal. I do apiaceprte the writing.

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloBandungku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool