Puspa Iptek Sundial

Puspa Iptek Sundial, Destinasi Wisata Edukasi di Bandung Barat

Ezytravellers, tempat wisata di Bandung sangatlah banyak. Jenisnya juga beraneka ragam. Dari yang berjenis wisata alam, wisata kuliner, wisata belanja, hingga wisata edukasi. Akan tetapi wisata apa pun itu, tujuannya tentu sama, yaitu memberi kepuasan bagi para penikmatnya.

Puspa Iptek Sundial adalah salah satu tempat wisata edukasi yang ada di Bandung. Wahana pendidikan yang terletak di kawasan Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Bandung Barat ini, resmi dibuka pada tanggal 11 Mei 2002. Sesuai dengan namanya, Puspa Iptek Sundial berisi berbagai macam wahana dan alat yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Ezytravellers, sebelum memasuki gedung Puspa Iptek Sundial, kalian pasti akan dibuat heran dengan arsitektur gedung ini. Tapi jika sudah tahu artinya, kalian pasti akan takjub. Iya, arsitektur gedung Puspa Iptek Sundial memang sangat unik. Keunikannya ini terletak pada fungsi ganda dari gedungnya yang juga berfungsi sebagai jam Matahari.

Puspa Iptek Sundial

Sundial Horisontal

Oh ya, Jam Matahari yang ada di Puspa Iptek tidak hanya satu, tetapi dua buah, yaitu jam Matahari horisontal dan jam Matahari vertikal yang terpadu menjadi satu kesatuan. Jam Matahari horisontal ini merupakan jam Matahari horisontal terbesar di Indonesia, lho. Sedangkan jam Matahari Vertikal dan Horisontal Terpadunya merupakan jam Pertama di Indonesia untuk jenis jam tersebut. Karena kedua keunikannya ini, tak heran jika Puspa Iptek Sundial memperoleh 2 penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

Puspa Iptek Sundial

Sundial Vertikal

Sesudah mengagumi tampilan gedung luarnya, begitu masuk, kalian akan terpukau dengan isi gedung Puspa Iptek Sundial. Seperti yang sudah diulas di atas, di dalam gedung ini terdapat banyak sekali wahana dan juga alat yang berbau iptek. Dari mulai alat Bola Melayang yang membuat bola melayang-layang karena ditiup udara kencang; Kursi Paku yang membuat orang yang duduk di atasnya tidak kesakitan; Cermin Tak Hingga yang membuat bayangan pantulan begitu banyak; hingga Generator Van Degraff; Baskom Air Mancur; Sepeda Gantung; Cermin Melayang; serta laboratorium cilik yang banyak jadi tempat favorit.

Puspa Iptek Sundial

Kursi Paku

Puspa Iptek Sundial

Meja Ajaib

Untuk kalian yang suka tantangan, jangan lewatkan untuk menjajal Sepeda Gantung. Meski sedikit menakutkan, naik sepeda ini sangat seru. Kenapa begitu, sebab dengan naik sepeda ini kalian akan merasa seperti pemain sirkus profesional. Tapi sebelum naik ke atasnya, pastikan berat badan kalian sesuai dengan persyaratan, ya.

Puspa Iptek Sundial

Sepeda Gantung

Puspa Iptek Sundial bisa dikunjungi oleh semua umur. Tempatnya terletak di Jl. Raya Padalarang No. 427 Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Buka setiap hari dari pukul 08.30 -16.30 WIB. Harga tiketnya relatif murah, yaitu sebesar Rp15.000,00 saja.

Satu lagi! Jika kalian mengunjungi Puspa Iptek Sundial, mampirlah sebentar ke Masjid Al Irsyad yang letaknya tak jauh dari sana. Masjid yang termasuk salah satu masjid terunik di Asia ini rancangan walikota Bandung, lho. Iya, Pak Ridwan Kamil yang terkenal itu.

Nah gimana, seru kan berwisata edukasi ke Puspa Iptek Sundial ini? Yuk Ezytravellers segera pesen tiket ke Bandung sekarang juga. Keseruan Puspa Iptek Sundial sudah menunggu kedatangan kalian semua.

Puspa Iptek Sundial, Destinasi Wisata Edukasi di Bandung Barat
5 (100%) 1 vote
(Visited 561 times, 1 visits today)


About

Blogger | Freelance Writer | Ghost Writer | Editor


'Puspa Iptek Sundial, Destinasi Wisata Edukasi di Bandung Barat' have 6 comments

  1. 10/30/2015 @ 9:13 am Tian Lustiana

    Wah keren yah, kapan – kapan nyobain ah ajakin Marwah kesana

    Reply

  2. 10/30/2015 @ 9:51 am Widya Herma

    Kereeeen banget teh. Selain keseruan, disana juga mendapat banyak wawasan 😀

    Reply

  3. 10/31/2015 @ 9:46 am Astin Astanti

    Mudik beberapa tahun silam, saya melalui jalan tersebut Mbak, masih progres pembangunan. Suami yang memberitahu akan menjadi gedung serba guna…oooh jadinya sungguh menakjubkan sekali y

    Reply

  4. 11/01/2015 @ 8:48 am Nathalia Diana Pitaloka

    kmarin abis dr al-irsyad… jd cmn lewat aja ke puspa ipteknya mah… pdhl seru bgt yah…

    Reply

  5. 11/04/2015 @ 2:50 pm Benny Rhamdani

    belum ke sana… kayaknya buat anak-anak mah wajib

    Reply

  6. 11/05/2015 @ 1:01 pm izna

    Nah loh saya belum pernah kesini…

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloBandungku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool