Pasar Palasari Bandung

Pasar Palasari, Wisata Buku di Bandung

Kata Marcus T. Cicero, seorang filsuf dari Romawi, “Sebuah kamar tanpa buku bagaikan tubuh tanpa jiwa.” Maka tak berlebihan jika buku menjadi kebutuhan semua orang untuk menghangat jiwa, mendapatkan ilmu pengetahuan, atau untuk mendapat penghiburan sekali pun. Di Bandung terdapat beberapa alternatif tempat untuk mendapatkan buku dengan harga cukup miring, yaitu pasar Palasari. Sudah sejak tahun 1984, pasar Palasari terkenal sebagai lokasi wisata buku.

Pasar Palasari

Lokasi pasar Palasari

Pasar Palasari terletak di jalan Palasari Bandung dekat GOR Lodaya, Burangrang. Akses menuju ke sana cukup gampang karena di depannya terdapat jalan dua arah. Jika Ezytravellers membawa kendaraan beroda empat, ada lapangan dekat pasar Palasari yang biasa dipakai untuk lahan parkir, dan jika Ezytravellers menggunakan kendaraan beroda dua, bisa langsung parkir depan kios-kios buku yang berderet.

Pasar Palasari

Parkir motor di pasar Palasari

Begitu menginjakkan kaki ke pasar Palasari, Ezytravellers akan menemukan tiga lapis toko atau kios buku. Dalam setiap kios yang luasnya sekitar 1 x 2 m itu semua buku bisa Ezytravellers temui berbagai buku pelajaran, komik, novel, buku langka, dan buku antik. Namun susunan bukunya memang agak acak sehingga Ezytravellers harus mau memilih buku yang dibutuhkan dengan lebih sabar. Ini juga disebabkan belum semua toko memakai sistem komputerisasi. Ada cara yang paling mudah untuk mendapatkan buku yang Ezytravellers butuhkan dengan menggunakan jasa calo. Otomatis harga bukunya memang agak naik sih.

Pasar Palasari

Lapis dua dan tiga pasar Palasari

Saya sendiri senang belanja buku komik di pasar Palasari. Komik-komik jadul nan langka bisa Ezytravellers pesan. Saya rekomendasikan untuk mencari komik-komik jadul itu di toko buku Melati. Letaknya di lapis kedua pasar Palasari. Bapak Rakhmat selaku pemilik toko akan segera menghubungi Ezytravellers begitu pesanan sudah tersedia.

Pasar Palasari

Toko buku Melati

Buku-buku yang terdapat di pasar Palasari tidak semua adalah buku orisinal, banyak juga yang bentuknya replika alias bajakan. Sebaiknya Ezytravellers hindari membeli buku replika karena melanggar HAKI, selain memang kualitasnya sangat di bawah dan mudah rusak.

Buku-buku yang kita beli di pasar Palasari bisa langsung kita sampul plastik, beberapa toko juga menyediakan jasa menyampul buku dengan harga Rp2.000 sampai Rp4.000 saja. Praktis dan menjaga buku kita lebih awet, bukan?

Pasar Palasari

Jasa sampul plastik buku

Selesai berwisata buku di pasar Palasari, Ezytravellers bisa menghilangkan lelah dan haus di jongko kelapa muda. Jongko ini juga menjual mie dan makanan lain yang nikmat. Jongko ini seingat saya sudah ada sejak dulu dan bisa bertahan hingga sekarang.

Pasar Palasari

Jongko kelapa muda dan makanan

Pasar Palasari ini telah mengalami pemugaran beberapa kali, dan direncanakan tahun 2015 akan dipugar kembali. Pemerintah setempat akan membangun toko atau kios yang semi permanen menjadi bangunan permanen.

Buat Ezytravellers yang tidak tinggal di Bandung, bisa juga memesan buku ke pasar Palasari lewat website-nya. Nanti buku-buku pesanan itu sampai melalui jasa pengiriman. Namun akan lebih nikmat jika Ezytravellers memilih dan mengecek buku langsung di tempat, bukan? Makanya, ayo ke Bandung. Tinggal pesan tiket ke Bandung dan voila bisa jalan-jalan wisata buku di pasar Palasari.

Pasar Palasari, Wisata Buku di Bandung
5 (100%) 3 votes
(Visited 1,112 times, 6 visits today)


About

Blogger | Author | Entrepreneurship, but more than that, i'm a fantasy person


'Pasar Palasari, Wisata Buku di Bandung' have 9 comments

  1. 10/21/2015 @ 12:32 pm Rinrin Irma Rahmawati

    Udah lama gak ke Palasari, dulu mah kalau kontrol kandungan ke Apotek Langlangbuana, sebelum jam praktek dokter mulai teh suka ngadem dulu di Palasari. Kaya’nya anakku nanti bakalan sering ke situ deh… cari komik hihihi

    Reply

  2. 10/22/2015 @ 6:34 am Zahra Rabbiradlia

    Ih aku baru tau Palasari ada website nya *bengong*

    Reply

  3. 10/22/2015 @ 11:11 am fanny fristhika nila

    slalu suka berburu buku di sini …aku pernah sampe bawa koper, saking banyaknya yg diborong ;p..kebanyakan novel dan komik 😀

    Reply

  4. 10/22/2015 @ 9:32 pm Nia K. Haryanto

    Wah…. bikin inget zaman SMA sama kuliah. Cari-cari buku murah di sini 😀

    Reply

  5. 10/23/2015 @ 9:42 am Widya Herma

    Ada satu buku yang menjadi incaran Widya. kayaknya kalo dicari di palasari pasti ada deh. Mkasih buat informasinya teh evi 😀

    Reply

  6. 10/24/2015 @ 1:23 pm Liswanti

    Tempat kenangan neh sama mantan pacar, yg rela pulang kerja, langsung ke Bandung cuma mau nyari buku buat pacarnya ini persiapan buat skripsi hihi

    Reply

  7. 10/24/2015 @ 5:19 pm Euis Sri Nurhasanah

    Ini tempat yang pertama kali aku datengin buat cari buku referensi kuliah, jaman jadi mahasiswa baru. Tapi aku belum pernah kesana lagi, padahal sebagai penyuka buku, aneh rasanya kalau gak sering kesana. Khawatir kantong bolong, hehe. Buatku, buku itu sama harus diwaspadai sebagaimana diskon baju2 di mall :D.

    Reply

  8. 10/24/2015 @ 7:06 pm Silviana Noerita

    Palasari, aku tau ini di film Preman Pensiun. Lalu, baca tulisan teh Evi jadi makin pengen jalan ke Bandung. 😀

    Reply

  9. 11/01/2015 @ 9:15 am Nathalia Diana Pitaloka

    trakhir ke sini kayanya jaman kuliah

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloBandungku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool