Perkebunan Teh Rancabali

Panorama Alam Menawan Perkebunan Teh Rancabali, Fragmen Memori 3D2N di Ciwidey Bandung

Saya begitu terpesona dengan pemandangan alam yang terbentang di depan mata. Hamparan perkebunan teh yang hijau segar menyejukkan mata, berlatarkan gunung di kejauhan dan langit yang biru bersih. Hamparan daun teh di Perkebunan Teh Rancabali itu bagaikan permadani hijau yang membentang luas. Pemandangan alam yang indah ini saya temui ketika berjalan-jalan di suatu pagi di kawasan Rancabali. Kala itu saya berkesempatan menikmati liburan di daerah pegunungan di bagian Bandung Selatan. Kecamatan Ciwidey tepatnya, sebuah tempat yang sangat populer di Bandung dengan aneka spot obyek wisata alamnya.

Perkebunan Teh Rancabali

Hamparan hijau daun teh di Perkebunan Teh Rancabali

Ezytravellers tentu familiar dengan nama-nama obyek wisata terkenal di Ciwidey seperti Kawah Putih, Situ Patenggang, Ranca Upas? Bayangkan excited-nya perasaan saya ketika setelah bertahun-tahun tinggal di Bandung akhirnya kesampaian juga bertandang ke Ciwidey, tempat nama-nama tersohor ini sudah lama saya dengar. Pengalaman 3 hari 2 malam yang sangat berkesan. Saya memang tak sempat berkunjung ke semua spot wisata populer yang ingin dikunjungi, tetapi sempat mampir ke beberapa di antaranya. Di luar kunjungan wisata, yang tak terlupakan adalah merasakan sensasi bermalam di daerah pegunungan dan berjalan-jalan menikmati suasana alam di sekitar penginapan. Tambah mantap kalau bisa berinteraksi dengan penduduk sekitar yang sangat nyunda. Bisa dapat banyak cerita.

Berlibur ke daerah dataran tinggi membuat kita berakrab ria dengan jaket atau sweater. Apa lagi di malam dan pagi hari, ketika udara terasa dingin sekali. Suasana dingin ini juga kualami kala bermalam di sebuah rumah penginapan di perkampungan Rancabali, Ciwidey. Wajib hukumnya menggunakan pemanas air di kamar mandi penginapan. Kalau tidak, airnya sedingin air es. Di malam hari, enaknya menyeruput minuman hangat khas Sunda berupa bandrek dan bajigur. Banyak warung dekat tempat penginapan yang menjualnya. Di pagi hari, enaknya ngopi atau ngeteh, sembari menikmati suasana pagi bertemankan aneka penganan sarapan hangat.

Perkebunan Teh Rancabali

Nemu plang “Bandrek Abah” waktu jalan-jalan pagi di perkampungan Rancabali

Pagi di daerah pegunungan begitu indah, sayang kalau dilewatkan begitu saja tanpa berjalan-jalan. Begitulah saya bersama teman-teman memutuskan untuk sedikit mengeksplorasi daerah sekitar, meresapi suasana alam pagi hari yang takkan didapati di area perkotaan. Kami berjalan dari penginapan melewati rumah-rumah penduduk, pepohonan & tanaman di kanan-kiri jalan. Udara pagi terasa begitu segar, menyapa dedaunan & bunga yang membasah oleh embun. Bertemankan kicau burung, derik jangkerik dan matahari yang sembunyi di balik pepohonan, perjalanan mengantarkan kami ke area Perkebunan Teh Rancabali.

Perkebunan Teh Rancabali

Suasana damai kala jalan-jalan pagi di Rancabali

Perkebunan Teh Rancabali

View indah sekitar Perkebunan Teh Rancabali

Wow, pemandangannya sangat menawan. Momen menakjubkan yang tak boleh terlewat untuk diabadikan dalam foto.

Perkebunan Teh Rancabali

Panorama alam menawan Perkebunan Teh Rancabali

Perkebunan Teh Rancabali sangat mudah di akses. Dari tepian jalan raya, tanaman teh berbaris rapi, menghampar mengikuti kontur tanah yang berbukit. Perkebunan ini berada di kaki gunung Patuha, dengan ketinggian sekitar 1628 meter di atas permukaan laut. Memandang panorama hijau alaminya yang eksotis demikian menyejukkan hati.
Dari kejauhan terlihat area kolam air panas Walini dengan villa-nya yang berada di tengah-tengah perkebunan teh. Kalau eksplorasinya dilanjutkan, bakal ketemu juga Situ Lembang yang terletak di salah satu area lain perkebunan teh ini. Perkebunan Teh Rancabali memiliki 2 pabrik pengolahan teh, yaitu pabrik pengolahan CTC dan Orthodoks. Lokasi perkebunan teh ini tidak jauh juga lho dari Situ Patenggang, Pemandian Air Panas Cimanggu, Ranca Upas, dan Kawah Putih.

Indah banget ya pemandangannya. Makanya kalau Ezytravellers berkunjung ke Ciwidey, luangkanlah waktu untuk berjalan-jalan menikmati panorama Perkebunan Teh Rancabali. Sambil lewat, dapat bonus pemandangan alam menawan sedemikian indahnya :).

Panorama Alam Menawan Perkebunan Teh Rancabali, Fragmen Memori 3D2N di Ciwidey Bandung
5 (100%) 1 vote
(Visited 436 times, 1 visits today)


About

Saya blogger penyuka buku, film, puisi, jalan-jalan, & makan-makan :)). Cerita saya bisa dibaca di http://twinkle-euisry.blogspot.com


'Panorama Alam Menawan Perkebunan Teh Rancabali, Fragmen Memori 3D2N di Ciwidey Bandung' have 8 comments

  1. 10/23/2015 @ 10:50 am @nurulrahma

    Duuuh, indaaah banget view-nya maaak

    Reply

  2. 10/24/2015 @ 8:29 am Nia Haryanto

    Waduuuh…. kangen jalan-jalan ke sini lagi. Padahal deket dari rumahku. Ihiks….

    Reply

    • 10/26/2015 @ 5:19 pm Euis Sri Nurhasanah

      Asyik ya rumahnya masih berada di area alami & deket pula dengan spot2 berpemandangan menawan hati :).

      Reply

  3. 10/26/2015 @ 10:30 pm alannobita

    Kangen suasana dan dingin2 pegunungan trus minumnya minuman anget kayak badrek hihi

    Reply

  4. 10/27/2015 @ 12:21 pm izna

    Mendamaikan hati dan jiwa yh teh (makna ganda) 🙂

    Reply

  5. 10/30/2015 @ 9:54 am Widya Herma

    Ngeliatnya segerrrr banget teh. Jadi ingin kesana 😀

    Reply

  6. 11/01/2015 @ 9:06 am Nathalia Diana Pitaloka

    pemandangannya manjain mata bgt…

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloBandungku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool