Nasi Liwet Waduk Cirata

Nikmatnya Nasi Liwet di Waduk Cirata

Halo Ezytravellers, ada yang sedang mencari tempat rekreasi terjangkau sekaligus nambah ilmu pengetahuan? Bagaimana kalau kali ini kita berjalan-jalan ke sekitar waduk Cirata, yeap, danau buatan yang menyimpan air untuk PLTA terbesar se-Asia Tenggara, PLTA Cirata.  Terletak di Desa Tegal Waru, Plered, Purwakarta, Jawa Barat, jaraknya sekitar 2,5 jam dari kota Bandung  jika menggunakan motor dengan kecepatan kurang lebih 80 km per jam.

Memasuki daerah wisata Cirata yang kerapkali termasuk dalam Paket Tour Bandung, kita diharuskan untuk membeli tiket terlebih dahulu (saat saya kesana masih Rp. 3.000,- siapa tahu belum berubah).  Waduk yang terletak di DAS Citarum ini dibangun sekitar 1982-1987 dengan luas kira-kira 6.035 ha, besar sekali ya?

Nasi Liwet Waduk Cirata

Di sepanjang jalan yang mayoritas berbatu kita akan banyak melihat warung nasi liwet. Hm, sepertinya memang menu kebanggaan yang cocok untuk dinikmati di daerah sini adalah nasi liwetnya, apalagi sambil ditemani minuman air kelapa murni. Wuih. Kondisi udara di sekitar waduk Cirata relatif sejuk dan berangin. Langitnya cenderung berawan namun tiap kali dinanti, hujannya tidak kunjung datang.

Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di sekitaran Waduk Cirata ini misalnya; memancing, naik perahu, atau merenungi masa depan sambil melihat gelombang air, #halah.

Nasi Liwet Waduk Cirata

Saung untuk menikmati Nasi Liwet di Waduk Cirata

Jadi daripada galau, saya dan teman-temanpun memilih untuk makan nasi liwet dan ikan bakar saja. Nasi Liwet adalah beras  yang dimasak dalam santan dan kaldu ayam, sangat gurih dan lezat! Apalagi saat dinikmati saat panas bersama teman-teman di tengah hawa dingin sambil menikmati alam.

Saat itu saya sedang bersama 4 orang lainnya, kami memesan 1,5 kg ikan dan 1,5 liter beras dan total biayanya hanya Rp 80.000 untuk 5 orang! Minumnya tidak lain air kelapa murni yang segar. Hm.

Nasi Liwet Waduk Cirata

Hangatnya Nasi Liwet dan Ikan Bakar segar

Usai makan kami segera menyewa perahu untuk berkeliling danau. Pesan singkat dari saya adalah, kalau sedang jalan-jalan kemanapun jangan lupa untuk selalu buang sampah pada tempatnya ya. Yang saya sayangkan adalah karena saya memperhatikan banyak sampah yang sengaja dibuang di sisi danau, padahal jika lingkungannya bisa lebih dirawat dan diperhatikan kebersihannya, pasti makin betah berlama-lama di Cirata ini.

Nasi Liwet Waduk Cirata

Sekitar 2 jam kami pergunakan untuk berkeliling dan berfoto di sekitar waduk Cirata ini, karena kebetulan kami mengunjunginya saat hari kerja, jadi tidak banyak pengunjung, membuat kami lebih mudah untuk kemana-mana tanpa berebut dengan orang lain.

Nasi Liwet Waduk Cirata

Meninggalkan Waduk Cirata kamipun beralih ke PLTA Cirata yang ternyata sudah banyak sekali pengunjungnya – mayoritasnya anak muda! Ada yang sedang jogging ataupun sekedar mengambil foto. Pemandangan di sekitar penyuplai tenaga listrik untuk kawasan Jawa – Bali ini tidak kalah menarik, jalan yang menghubungkan kami menuju kontruksi Pembangkit Listrik Tenaga Air bertenaga 1008 MW itu memberikan dua pemandangan berbeda di tiap sisinya.

Nasi Liwet Waduk Cirata

Di sebelah kanan saya merupakan hamparan bukit hijau yang terjal dan di sisi lainnya merupakan Danau Cirata sendiri. Tidak hanya untuk sekedar berfoto, banyak keluarga yang mengunjungi PLTA Cirata ini bersama anak-anaknya untuk memberikan edukasi singkat seputar PLTA.

Nasi Liwet Waduk Cirata

Tertarik untuk berwisata ke sini juga? Yuk, segera rencanakan liburan dan pesan Tiket ke Bandung dari sekarang.

Nikmatnya Nasi Liwet di Waduk Cirata
5 (100%) 1 vote
(Visited 609 times, 3 visits today)


About

Lifestyle blogger based in Bandung. Love travelling as well as playing piano.


'Nikmatnya Nasi Liwet di Waduk Cirata' have 2 comments

  1. 11/19/2015 @ 10:48 am Nathalia Diana Pitaloka

    duh asyik banget ya jln2 ke waduk sambil ngeliwet…

    Reply

    • 12/17/2016 @ 9:27 am Kaycee

      It’s wornedful to have you on our side, haha!

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloBandungku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool