Tepian Dago Bandung

Ngehits di Bandung, Tepian Dago

Bagi anda yang menginginkan tempat sejuk dan jauh dari panas dan polusi kota, maka arahkan kendaraan anda menuju Bandung Utara. Lokasi ini adalah pilihat cermat, selain karena lokasinya yang sangat dekat dengan kota Bandung, Transportasi menuju tempat-tempat wisatanya pun sangat mudah. Salah satu tempat yang sedang ngehits dan mudah dijangkau di Bandung Adalah Tepian Dago.

Dago Bandung

Menunggu tepian senja di Tepian

Tepian Dago terletak di desa wisata Ciburial Indah. Jaraknya dari pusat kota Bandung tidak sampai 10 KM. Dengan jarak seperti itu dari pusat kota ke Tepian Dago bisa ditempuh 20-30 menit. Syaratnya tidak macet dan tidak kesasar.

Tempatnya ini pun mudah ditemukan. Jika sudah sampai terminal Dago tanyakan saja pesantren Babussalam, dan di pesantren Babussalam tanyakan Tepian Dago di Kampung Cibengang. Tak lebih dari dua menit traveler akan sampai di Tepian Dago (Bahkan tepian Bandung)

Tempat yang sebetulnya adalah kebun organik ini resminya akan dibuka pada bulan November 2015, namun sudah banyak orang yang pernah datang ke sini menikmati keindahan alam yang tersedia di depan mata. Terlebih kalau malam hari saat lampu-lampu kota Bandung bersinar kerlap-kerlip dan menjadi pemandangan menjerat mata.

Kampung Ciharegeum Desa Ciburial yang Asri

Kampung Ciharegeum Desa Ciburial yang Asri

Sebelum sampai ke sini saja kita sudah disajikan keindahan kontur Desa Wisata Ciburial yang memanjakan mata. Apalagi dengan udara sejuk khas pegunungan utara kota Bandung. “Bikin betah dan ingin tinggal lebih lama lagi” kata tamu dari Cilegon.

Apa saja kegiatan di Tepian Dago itu?

Bagi yang sekedar menikmati suasana alam asri Desa Ciburial, maka bisa menikmati hidangan dan sajian khas Tepian Dago. Kebanyakan sajian berasal dari kebun yang dikelola oleh Pak Adang dan teman-teman. Saat membawa beberapa teman untuk survey ke sana, saya disuguhi teh rosemary. Rasanya unik dan meninggalkan kesan hangat.

Dago Bandung

Teh Rosemary Tepian yang sensasional

Yang saya hanya tahu rosemarie itu dipakai untuk sebagai tanaman pengusir nyamuk. Ternyata Rosemary itu tanaman herba yang sangat kaya, apalagi untuk sajian berbahan daging. Menurut Asep, Manajer Operasional Tepian Dago, rosemariy merupakan bumbu yang mesti tersedia di hotel-hotel dan banyak digunakan mengolah daging.

Saya juga ikut menikmati salad yang langsung dipetik dari kebunnya. Tak perlu khawatir keracunan pestisida karena di kebun ini pestisida pabrik tak digunakan. Jadi aman dikonsumsi secara langsung.

Secara umum makanan di sini lebih kepada vegetarian, walaupun untuk beberapa permintaan menurut Asep olahan dagingpun bisa dimasakkan. Tentunya pengolahan dagingnyapun menggunakan rempah dari kebun sendiri. Harga yang ditawarkan di Tepian berkisar 15.000 hingga 50.000.

Dago Bandung

Fresh Salad Tepian

Bertualang dan belajar di Tepian Dago juga bisa. Traveler bisa mengambil paket menginap di Tepian Dago ini untuk semalam dengan paket belajar pertanian organik. Kata Asep, penginapan di sini menggunakan system aula dan kemping dengan menggunakan tenda isi 2-8 orang.

Paket ini menurut Asep sangat diminati para turis Mancanegara. Ternyata di luar negri sana, Tempat ini sangat terkenal. Maklum saja pemasarannya melibatkan anak-anak muda gaul dan peduli lingkungan dan di luar negerinya, bekerja sama juga dengan travel-travel sejenis. Dengan demikian di beberapa travel luar negeri Tepian Dago ini menjadi salah satu tujuan wisata yang dijual.

Untuk yang mengambil paket menginap selain akan diajarkan cara hidup organik juga akan diajak bertualang di beberapa wisata andalan Desa Ciburial, seperti Taman Hutan Raya Djuanda.

Dago Bandung

Gazebo Tepian yang cozy

Selain itu, tempat ini juga jadi tempat magang para mahasiswa. Saat pagi sekali saya ke sana, terlihat beberapa mahasiswa sedang memanen beberapa jenis sayuran. Mahasiswa-mahasiswa itu tinggal di Tepian selama sebulan dan belajar pertanian organik dari Pak Adang, petani sederhana nan ceria yang menjadi “Dalangnya” di Tepian.

Tepian Dago juga melayani pembelian sayuran secara online. Paket sayuran yang dijual terdiri dari 15 jenis sayuran. Pengiriman akan dilakukan sebanyak dua kali dalam seminggu. Sayuran yang dikirim dicampur dan dirolling dari 15 jenis sayuran yang tersedia.

Nah bagi yang tak ingin ketinggalan tempat hits menarik sekaligus melakukan wisata yang ramah lingkungan, Tepian Dago harus menjadi salah satu tempat yang dikunjungi.

Dago Bandung

mahasisiwi panen sayuran

Ngehits di Bandung, Tepian Dago
5 (100%) 2 votes
(Visited 397 times, 1 visits today)



'Ngehits di Bandung, Tepian Dago' have 12 comments

  1. 10/16/2015 @ 8:03 am eda

    kalo ke dago, biasanya ke fo nya.. belanjaa 😀

    Reply

  2. 10/16/2015 @ 11:04 am Nathalia Diana Pitaloka

    wah br mau diresmiin bln depan yah…
    seger ih liat saladnya…

    Reply

  3. 10/16/2015 @ 11:12 am Shudai Ajlani

    Wah boleh nih, nanti kalo ke Bandung mau coba mampir kesini ah 😀

    Reply

  4. 10/16/2015 @ 4:42 pm Nia Haryanto

    Makin banyak aja ya tempat wisata di Dago. Pengen ke sanaaaaa…

    Reply

  5. 10/17/2015 @ 5:19 pm Zahra Rabbiradlia

    Nice info Kang. Jadi pengen ke sana ah. Malu sama bule 😮

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloBandungku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool