Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat

Monumen Perjuangan Rakyat Kota Bandung

Para travellers, untuk mengeksplor tempat wisata dan sejarah di Bandung tidak akan pernah ada habisnya. Begitupun kalau mengulas wisata kulinernya, takkan pernah kehabisan kata – kata deh, karena saking banyaknya. Ada satu tempat wisata sejarah yang menjadi tujuan para wisatawan luar kota Bandung, yang letaknya sebelah utara dari Gedung Sate, selurusan Gedung sate lah. Tinggal nyebrang dari Gedung Sate terus ke lapang Gasibu lurus dan sampailah di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat.

Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat

Monju, begitulah para warga Bandung menyebut Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat ini, supaya lebih simple mungkin.  Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat ini berdiri dengan latar belakang pengabdian nilai – nilai kebudayaan dan juga sebagai sarana pewarisan nilai – nilai perjuangan rakyat Jawa Barat yang ternyata Monumen Perjuangan Rakyat ini dirancang oleh arsitek Slamet Wirasonjaya dan perupa Sunaryo. Monumen Perjuangan Rakyat ini dibangun tahun 1991, dilakukan secara bertahap hingga akhirnya selesai pada tahun 1995. Monumen Perjuangan Rakyat ini memiliki luas kurang lebih 72.040 meter persegi dan luas bangunannya sekitar 2.143 meter persegi.

Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat

Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat

Untuk para travellers yang pernah mengunjungi ke Monumen Perjuangan Rakyat ini pasti akan menemui relief yang menggambarkan heroiknya perjuangan rakyat Jawa Barat di sepanjang dinding monumen ini. Bukan itu saja, di sepanjang dinding monument ini ada semacam prasasti dalam bahasa sunda yang menceritakan tentang Jawa Barat. Di Monju ini juga ada ruangan bawah tanah yang merupakan bagian dari monument. Kalau para travellers mau masuk ke Monumen Perjuangan Rakyat ini gak pake tiket masuk lho, alias gratis. Para travellers bisa masuk menggunakan pintu belakang saja karena pintu depan monument jarang dibuka, bahkan tidak pernah dibuka. Jika mengunjungi Monju pada hari minggu lebih seru lagi, karena setiap hari minggu ada pasar kaget di sekitaran Monju dan lapang Gasibu, jadi para travellers yang berlibur di Bandung bisa sambil belanja murah juga.

Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat

taken from: tempatwisata(dot)com

Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat

Monumen Perjuangan Rakyat ini bentuknya seperti bamboo yang runcing, ini mengartikan sebagai lambang perjuangan rakyat Jawa Barat.  Menceritakan bagaimana rakyat melawan penjajah kala itu. Dan filosofi bamboo yang tumbuh berserakan menggambarkan pluralitas budaya sunda. Monumen Perjuangan rakyat ini juga berisi banyak diorama yang menceritakan perjuangan rakyat Jawa Barat dari berbagai daerah di Jawa Barat. Ada dua plakat yang isinya puisi dalam bahasa sunda dan bahasa Indonesia karya Saini K. M. Yang mana isi puisinya adalah :

Bumi yang diberkati,langit yang dirahmati adalah milikmu: Warisan dari para leluhur yang mengolahnya dengan kerja, dengan doa. Negeri yang dijanjikan angin di daun bambu, tempat senyum merekah alami dan gelak tawa bagai derai air jernih di antara batu-batu adalah pusaka: Dibatasi padang si Awat-awat, dijaga Gunung Salak, dilindungi Tangkuban Prahu.(Saini K.M.)

Bagaimana? Seru bukan menghabiskan waktu di Bandung? Yuk langsung siapkan waktu untuk berlibur, booking tiket pesawat dan hotel sekarang juga, dan selamat berlibur.

Monumen Perjuangan Rakyat Kota Bandung
5 (100%) 3 votes
(Visited 987 times, 1 visits today)


About

Ordinary mom and wife with extraordinary dreams. Blogger, Buzzer, Content Writer. Silakan kunjungi blog pibadi : www.tianlustiana.com dan www.parentian.com "Reaching the world with the words"


'Monumen Perjuangan Rakyat Kota Bandung' have 4 comments

  1. 11/25/2015 @ 10:36 am Nathalia Diana Pitaloka

    saya malah blum pernah ke sana heuheu

    Reply

  2. 11/25/2015 @ 12:41 pm RAyna

    Saya pernah kesana, dan keren banget buat selfie

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloBandungku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool