Bandrek

Minuman Khas Bandung, Bajigur Dan Bandrek

Bandung memang tidak pernah ada habisnya kalau berbicara tentang kuliner, apalagi tentang tradisional kulinernya yang jauh dari zat kimia dan zat berbahaya lainnya plus harga yang relatif murah. Masalah rasa sih jangan diragukan lagi, gak kalah enak dengan makanan dan minuman dari luar negeri.

Bandung, dikenal dengan kota yang sangat sejuk, dingin dan asri karena berada masih dalam daerah pegunungan. Enaknya sih minum sesuatu yang bisa menghangatkan badan yah.

Bandrek

Ngomong – ngomong masalah minuman yang menghangatkan badan, ada nih minuman tradisional yang patut dicoba jika sedang berada di Bandung. Coba nikmati segelas bajigur atau bandrek sambil menikmati aroma kesejukan kota Bandung. Minuman khas tanah priangan ini memang cukup melegenda dan sangat terkenal di masyarakat, bajigur dan bandrek udah menjadi satu kesatuan yang memang sulit dipisahkan, mungkin karena bajigur dan bandrek ini memiliki bahan baku yang hampir sama, yakni gula merah, gula aren dan santan. Hanya saja ditambahkan rempah lainnya dan jahe untuk membuat rasa pedas enak pada bandrek.
Untuk bajigur biasanya suka ada aroma vanili yang menebarkan aroma menggoda ketika dihirup, tambahan kolang – kaling atau serutan kelapa muda akan membuat sensasi yang berbeda ketika menghabiskan segelas bajigur. Di beberapa daerah sih biasanya ada penambahan rempah lain untuk memperkuat rasa bandrek.

Bandrek

Di Bandung, banyak lho yang jualan bajigur dan bandrek, dari penjual keliling sampai yang mangkal. Biasanya yang menjual bajigur dan bandrek dalam gerobak itu dengan terus menyalakan kompor, gunanya agar bajigur dan bandrek tetap hangat. Bajigur dan bandrek tidak hanya mereka berdua saja, namun biasanya ada segerombolan cemilan khas priangan yang memang wajib disantap ketika menyesap bajigur dan bandrek, adalah pisang kukus, kacang rebus, ubi, kelepon, singkong dan cemilan tradisional lainnya. Menyesap bajigur dan bandrek biasanya dinikmati pada sore hingga malam hari.

Bandrek dan bajigur juga selain nikmat ada manfaat yang tentunya akan menyehatkan tubuh. Karena mengandung rempah – rempah alami yang konon katanya mampu mengurangi rasa lelah, meredakan flu, batuk dan juga akan membuat badan lebih ringan. Tapi untuk yang kurang menyukai rasa pedas, bajigur lah yang lebih dijadikan alternatif dibandingkan bandrek.

Bandrek

Untuk yang sedang di Bandung atau tinggal di Bandung dan ingin menyesap segelas bajigur atau bandrek dan cemilan tradisional lainnya bisa lho datang ke Bandrek Bajigur Two Aa yang lagi kekinian itu. Letaknya di jalan ahmad yani Bandung. Harganya pun murah dan tentu rasanya pun enak.

Selamat berlibur di Bandung dan menikmati bajigur atau bandrek 🙂

Minuman Khas Bandung, Bajigur Dan Bandrek
5 (100%) 1 vote
(Visited 679 times, 1 visits today)


About

Ordinary mom and wife with extraordinary dreams. Blogger, Buzzer, Content Writer. Silakan kunjungi blog pibadi : www.tianlustiana.com dan www.parentian.com "Reaching the world with the words"


'Minuman Khas Bandung, Bajigur Dan Bandrek' have 2 comments

  1. 10/26/2015 @ 8:49 pm Nia Haryanto

    Dua-duanya suka. Tapi kalo lagi gak enak badan, enaknya minum bandrek. Angeeeet ke badannya. 😀

    Reply

  2. 11/01/2015 @ 9:05 am Nathalia Diana Pitaloka

    klo saya lbh suka bajigur 😀

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloBandungku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool