Tebing Citatah

Merayap Vertikal di Tebing Citatah 48 Bandung

Selain sisi historisnya, Kota Bandung juga memiliki banyak keindahan alam yang merangsang kelima indra kita. Rasa rindu terhadap jantung yang berdebar, sengatan matahari yang disertai cucuran peluh menjadi sebuah kebutuhan tersendiri, menuntun kita menapaki jalan yang “menarik”. Entah hanya sekedar untuk aktualisasi atau menengok garis batas diri.

Nah, bagi Anda penggemar outdoor sport terutama rock climbing ada destinasi yang patut di singgahi di barat kota Bandung. Tebing yang memiliki nama resmi Gunung Manik ini lebih populer dengan sebutan Tebing Citatah 48, dikarenakan ketinggian dari tebing itu sendiri berkisar antara 48-50 meter berlokasi di daerah 5 KM Padalarang, Bandung barat atau tepatnya dibelakang Pabrik Multi Marmer Alam dengan durasi 6 menit berjalan kaki dari jalan raya ke lokasi tebing.

Tebing Citatah 48

Foto By Reynold Sumayku, twitter(dot)com/ngindonesia

Tebing ini berada di bawah otoritas KOPASSUS yang ditandai oleh tugu belati besar yang tertancap di puncak tebing. Oleh karena itu apabila Anda ingin melakukan aktivitas pemanjatan disini, Anda perlu melakukan kepenngurusan izin kepada pihak KOPASSUS yang berlokasi di Batujajar, Kabupaten Bandung Barat.

Tugu Belati Citatah 48

Tugu belati di puncak Citatah 48, ndongong(dot)blogspot(dot)com

Merepih alam belum lengkap rasanya tanpa berkemah, tidur beralaskan tanah (baca: matras) dan beratapkan langit (baca: tenda). Apabila Anda sampai di lokasi menjelang terbenamnya matahari Anda dapat menikmati malam di bawah tebing dan memulai aktivitas pemanjatan keesokan harinya.

Tebing Citatah 48

Bouldering di Tebing Citatah 48

Tebing ini memikiki 25 jalur pemanjatan yang berbeda – beda bergantung pada tingkat kesulitanya. Tidak hanya itu saja tebing ini juga sudah dilengkapi beberapa bolt yang sudah tertanam di muka tebing pada beberapa jalur pemanjatan sehingga cukup memudahkan Anda. Karakteristik batuan kapur yang dimiliki tebing ini memberikan definisi aman kepada Anda, Anda pun dapat juga melihat fosil kerang dan biota air di sini dikarenakan lokasi Citatah sendiri yang sebelumnya merupakan jalur sungai purba.

Tebing CItatah 48

Salah satu jalur pendakian Citatah 48

“Tuhan lebih mudah ditemukan di alam”, begitu teman saya berkata, runtutan kata yang saya rasa benar adanya. Dan terbukti dengan jumlah saya mengucap nama Tuhan ketika melakukan aktivitas di alam cenderung lebih sering ketimbang di tempat lain. Namun tidak perlu khawatir, olahraga panjat tebing bisa terbilang cukup aman selama Anda melakukan aktivitas sesuai dengan prosedur keselamatan yang didukung oleh alat pemanjatan yang standar. Bisa Anda perhatikan semua alat yang melekat pada tubuh seorang climber ketika melakukan kegiatan panjat tebing adalah pengaman. Mulai dari tali, metal, harness, helm, memiliki fungsi untuk melindungi Anda.

Citatah 48 memiliki “teras” yang bisa Anda nikmati di tengah perjalanan Anda melawan gravitasi. Anda dapat memanfaatkan teras ini untuk beristirahat atau sekedar menikmati bentangan alam dari ketinggian sebelum Anda kembali beraksi. Untuk mencapai puncak tebing Anda pun dapat memilih jalur “turis” atau jalur non climbing dengan scrambling mengitari tebing hingga ke puncak, walaupun jalur ini tidak melibatkan kegiatan pemanjatan namun ada baiknya Anda ditemani oleh orang yang sudah berpengalaman sebagai lead karena ada beberapa titik dimana Anda membutuhkan lifeline untuk melintas demi keamanan Anda.

Tebing Citatah 48

Cek ulang peratalatan panjat

Selain Tebing 48, kawasan Citatah memiliki dua tebing lain dengan lokasi yang berdekatan, tebing 90 dengan karakteristik batuan karst dan tebing 125 dengan karakteristik batuan andesit. Kedua tebing tersebut dapat Anda jadikan destinasi berikutnya di kawasan ini.

Akhir kata Nothing Ventured, Nothing Gained.

Merayap Vertikal di Tebing Citatah 48 Bandung
5 (100%) 3 votes
(Visited 387 times, 1 visits today)


About

I'm a simple man. I see travel destinations, i press like.


'Merayap Vertikal di Tebing Citatah 48 Bandung' have 5 comments

  1. 10/26/2015 @ 8:44 pm Nia Haryanto

    Wuih keren bangeeet! Dari zaman SMA, sering denger tentang Citatah dari temen-temen. Gak pernah kesampaian. Huhuhu…. *salah sendiri penakut* 😀

    Reply

    • 10/27/2015 @ 12:32 pm izna

      Ayo teh sesekali main kesana bisa sambil cari oleh” juga 🙂

      Reply

  2. 10/28/2015 @ 2:51 am noniq

    Kereennn… Tapi ga yakin bisa wall-climbing juga.. Pengennya sih numpang foto-fotonya aja, hahaha…

    Reply

  3. 10/28/2015 @ 5:40 pm Rinrin Irma Rahmawati

    Dulu… dulu banget, tahun 1999 saya dan teman-teman ikut Napak Alam di Citatah abreng Djarum Coklat… aduh, itu lutut… gemeteran… apalagi sekarang ya… haha

    Reply

  4. 11/01/2015 @ 9:01 am Nathalia Diana Pitaloka

    mantep banget 🙂

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloBandungku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool