Menikmati Kuliner Herbal di Bumi Herbal Dago Bandung

Enaknya kalau akhir pekan itu, ya liburan menikmati keindahan alam. Apalagi Desa Ciburial di Bandung Utara yang menyediakan one stop traveling. Sambil menikmati keindahan alam di Taman Hutan Raya Djuanda, bisa juga menikmati kuliner sehat di Bumi Herbal Dago (BHD).

Tak sulit menemukan lokasi ini. Apalagi lokasinya memang berdekatan dengan beberapa tempat favorit pelancong ke tempat itu seperti Taman Hutan Raya Djuanda, Café D’ Pakar hingga Tebing Keraton. BHD memang terletak di jalur wisata yang sudah ramai. terletak di Jalan Bukit Pakar Utara, Kampung Negla, Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung.

20151114_110104

Jalan menuju ke sini memang paling mudah dari Taman Hutan Raya Djuanda. Sebelum masuk ke gerbang 2 Tahura, ada jalan menuju arah kanan. Ikuti saja jalan itu terus hingga sampai tempat yang disebut Warung Bandrek.

Jika pelancong menggunakan mobil menuju Tebing Keraton, maka biasanya akan diberhentikan di Warung Bandrek, tanyakan saja kepada para penjaga parkir letak BHD yang ini mereka akan menunjukan satu tempat yang tak jauh. Mobil andapun bisa diparkir di parkiran Warban.

20151114_110427

Produk dari BHD

Untuk mencapai tempat ini, anda mesti menggunakan mobil yang cukup prima. Kalau bisa jangan pakai sedan karena jalanan menuju wilayab perbukitan ini memang didominasi tanjakan curam dan panjang serta masih ditambah beberapa meter jalan mengalami rusak yang cukup parah.

Dari Tahura menuju Warung Bandrek ini, pelancong akan disuguhi pemandangan rerimbunan hutan dan seringkali dijumpai kawanan monyet bercengkrama di dahan-dahan dekat jalanan. Perjalanan asyik itu akan ditambah dengan kesegaran alam pegunungan di BHD.

20151114_112139

Untuk menikmati BHD, pengunjung mesti membayar tiket masuk sebesar RP. 15.000. Dengan tiket sebesar itu pengunjung akan menikmati suasana kebun herbal dan diberikan pengetahuan sekitar penggunaan herbal dalam kehidupan sehari-hari.

Sambil menikmati hamparan alam terbuka yang menentramkan jiwa, pengunjung bisa juga menikmati beberapa produk herbalnya. Mulai dari bahan mentahnya hingga yang sudah jadi.

bhd2

Sejak 2007, BHD sudah memiliki koleksi herbal sebanyak 250 tanaman. Sebagian besar tentu dari Indonesia. Semua khasiat herbal ini bisa ditanyakan langsung kepada pemandu yang akan menjelaskannya dengan rinci.

Saat saya menanyakan sebuah tanaman hias berwarna merah yang biasanya dijadikan tanaman pembatas, Deden yang memandu saya mengatakan bahwa sebetulnya hampir semua tanaman adalah herba. Cuma belum semua diketahui untuk apa dan bagaimana mengolahnya. Termasuk tanaman pembatas tadi.

Tentu tidak semua koleksi dibudidayakan secara massal. Di BHD yang ditanam secara luas hanya beberapa yang memang diproduksi, seperti rosella. Makanya di BHD, produk rosella ini banyak variannya. Mulai dari teh, selai hingga sirup rosella.

20151114_104512

Tanaman lainnya yang sifatnya koleksi, terkadang dijual juga kepada pengunjung yang ingin menanamnya dengan kisaran harga dari 5000 hingga 30000 per polybag.

Karena sangat edukatif, pihak BHD juga membuat paket wisata edukatif mulai dari pengenalan herbal secara umum, demo pengolahan pasca panen, hingga workshop-workshop kecil mengenai cara-cara mengolah jamu. Nah yang begini cocok buat sekolah-sekolah.

20151114_112251

Menu Herbal BHD

Setelah menikmati koleksi kebun dan proses pembuatan produk herbal, saatnya menikmati sajian herbal a la BHD. Beberapa menu andalan seperti lotek berbahan herbal, sirup rosella dan bandrek layak dicoba. Semua menu bermanfaat untuk kesehatan tubuh lho.

Nah siap bercengkerama ke Bumi Herbal Dago? ayo piknik ke Bandung.

20151114_110518

Menikmati Kuliner Herbal di Bumi Herbal Dago Bandung
5 (100%) 1 vote
(Visited 1,677 times, 2 visits today)



'Menikmati Kuliner Herbal di Bumi Herbal Dago Bandung' have 2 comments

  1. 11/21/2015 @ 11:01 am izna

    Selalu Rosella :).

    Reply

  2. 11/25/2015 @ 10:33 am Nathalia Diana Pitaloka

    dulu sih suka minum rosella…. skarang ga pernah lg…
    penasaran sama lotek herbal 😀

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloBandungku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool