Curug Cimahi Bandung

Menerpa Air di Curug Cimahi Bandung

Berhadapan dengan cipratan air dan hempasan angin memberi definisi rasa tenang bagi saya. Dengan melihat kedekatan air pada setiap cerita manusia dari awal mula terbentuknya sebuah peradaban, asal usul mahkluk hidup, atau waktu sembilan bulan sebelum anak manusia terlahir yang selalu berhubungan dengan air. Bisa jadi hal tersebut memang sudah tercetak secara genetis dan saya salah satu pewarisnya.

Curug Cimahi Bandung

Welcome To Rainbow Waterfalls

Hal tersebut membuat wisata yang berhubungan dengan air menjadi salah satu destinasi pilihan yang membawa langkah saya menuju sebuah air terjun di Barat Kota Bandung. Air terjun dengan ketinggian 87 meter ini diberi nama Curug Cimahi (Curug = air terjun dalam bahasa Sunda). Terletak di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Bandung Barat, Jawa Barat sebuah kawasan dengan ketinggian 1050 meter di atas permukaan laut. Daerah ini masih tergolong asri dengan suhu udara berkisar antara 18-22 derajat Celsius.

Curug Cimahi Bandung

Top View Curug Cimahi

Air terjun ini mendapat nama dari sungai Cimahi yang mengalir diatasnya dan berhulu ke Situ (Danau) Lembang. Nama Cimahi sendiri cukup unik yang dalam bahasa Indonesia dapat diartikan “air cukup” dan konon katanya debit air terjun ini relatif tetap pada musim apapun.

Curug Cimahi Bandung

Curug Cimahi

Ketika sampai di lokasi, anda tidak langsung dapat menikmati keindahan air terjun ini dari dekat. Ada 587 anak tangga yang terbuat dari campuran batu kali dan semen yang memisahkan anda dengan ketinggian +- 10 cm. Sebuah perjuangan memang, akan tetapi anda akan ditemani beragam flora hutan hujan tropis dan ketika sore tiba akan banyak monyet ekor panjang yang baru memulai aktifitasnya.

Curug Cimahi Bandung

587 Ladder Step

Kawasan wisata Curug Cimahi menyediakan beragam fasilitas umum yang bisa terbilang cukup seperti tempat makan, kamar mandi dan langgar. Namun bisa juga anda membawa bekal sendiri dan menggelar alas untuk menikmati santap bertema piknik sederhana di lembah. Curug Cimahi memang menjadi salah satu destinasi wisata favorit keluarga dan pasangan mungkin karena kombinasi keindahan alam dan perjuangan yang akan anda dapatkan disini.

Curug Cimahi Bandung

Langgar Curug Cimahi

Akses menuju lokasi dapat ditempuh via Kota Cimahi ke arah parongpong atau via Lembang dengan kendaraan umum ataupun pribadi. Dan untuk tiket masuk sendiri, dibebankan biaya 15rb / orang termasuk asuransi. Dan bersiaplah untuk menikmati perjalanan seru.

Menerpa Air di Curug Cimahi Bandung
5 (100%) 1 vote
(Visited 220 times, 1 visits today)


About

I'm a simple man. I see travel destinations, i press like.


'Menerpa Air di Curug Cimahi Bandung' have 1 comment

  1. 11/19/2015 @ 10:46 am Nathalia Diana Pitaloka

    mertua di cimahi tp saya blum pernah ke sini huhu…

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloBandungku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool