Arung Jeram Bandung

Melintas Jeram di Sungai Citarum Bandung

Setelah rutin “mengaspal” di jalanan kota, ada kalanya kita memerlukan sebuah pelepasan untuk membuat hidup kembali seimbang. Menilik balik ke masa lalu dimana sungai menjadi media transportasi yang vital mungkin dapat menjadi kata kunci anda untuk menemukan destinasi rekreasi berikutnya di Kota Bandung. Ada satu jenis olahraga rekreasi yang melibatkan sungai dan teriakan pelepas stress yang dapat anda lakukan, yaitu Arung Jeram.

Olahraga arung jeram mulai dikenal oleh Indonesia pada tahun 70an dengan nama Olahraga Arus Deras (ORAD), dan dikenal juga sebagai Rafting atau White Water dalam Bahasa Inggris, karena ketika melakukan olahraga ini anda akan sering melihat buih – buih air berwarna putih.

Sisi resiko dari olahraga jenis ini bisa terbilang laten, atau sulit diprediksi. Dikarenakan jeram yang tersembunyi oleh bantalan air. Namun tidak perlu khawatir, karena sudah ada serangkaian prosedur keamanan yang tercipta semenjak olahraga ini mulai populer di kalangan masyarakat awam dan menjadi olahraga rekreasi.

Salah satu prosedur yang ada pada olahraga beregu ini adalah kategori tingkat kesulitan sungai mulai dari kelas 1 hingga kelas 6, dimana untuk sungai kelas 1 hanya membutuhkan teknik dasar dan relative aman karena sebagai seorang turis anda akan ditemani oleh seorang instruktur atau skipper. Hingga sungai kelas 6 yang tidak boleh di arungi.

Arung Jeram Bandung

Sekilas Citarum – citizenmagz (dot) com

Apabila anda bergeser sedikit ke barat atau lebih tepatnya ke Kampung, Cisameng Bantar Caringin, kecamatan Rajamandala Bandung, anda dapat menemukan wisata arung jeram Citarum. Sungai CItarum memiliki tingkat kesulitan kelas 1 sehingga cocok sebagai destinasi rekreasi alam anda berikutnya. Sungai yang berasal dari Gunung wayang ini memiliki panjang 300 km hingga laut jawa dan berada wilayah kerajaan Tarumanegara pada awal abad ke 4.

Sungai yang tidak pernah kering walau diterpa kemarau panjang ini memiliki beberapa tantangan seru yang patut anda coba. Seperti ombak tinggi hasil benturan kecepatan arus yang berbeda (standing wave), lubang di dasar sungai yang membuat perahu anda bergejolak atau bahkan terbalik (Hole), sensasi berputar yang membuat anda susah move on dikarenakan pusaran air (Eddies), dan jeram yang terlihat seperti air mendidih hasil benturan antara arus air dan bebatuan di bawah sungai (Boil). Setiap medan memberikan tantangan yang hanya mampu saya deskripsikan dengan kata “Seru”.

Arung Jeram Bandung

Eddies – tripadvisor (dot) co (dot) uk

Arung jeram di sungai Citarum tidak hanya memberikan kenikmatan petualangan melintas jeram semata. Anda dapat menikmati situs Goa Sanghyang Tikoro di awal perjalanan anda. Dan dalam petualangan anda menikmati jeram, anda pun anda akan disajikan keindahan alam lain seperti kehijauan flora dan beragam kontur geologis. Setelah lelah mengarungi jeram, anda dapat menutup perjalanan anda dengan mandi di air terjun atau ngabortram bersama.

Rafting Citarum

Situs Goa yang anda temui ketika rafting di Citarum – citizenmags (dot) com

Ada alasan mengapa arung jeram dapat menjadi olahraga pelepas stress dan pelipur lara. Karena olah raga ini akan membuat anda berteriak dan dengan berteriak anda dapat melepas ketegangan dalam jiwa. Tidak hanya itu saja arung jeram juga memberikan anda rasa bekerja dalam sebuah tim, ketika berada di atas perahu, anda sudah menjadi bagian dari sebuah kesatuan layaknya sebuah orchestra di tengah hempasan air.

Melintas Jeram di Sungai Citarum Bandung
5 (100%) 2 votes
(Visited 215 times, 1 visits today)


About

I'm a simple man. I see travel destinations, i press like.


'Melintas Jeram di Sungai Citarum Bandung' have 6 comments

  1. 11/04/2015 @ 2:35 pm Benny Rhamdani

    raos da babaseuhan mah

    Reply

    • 11/05/2015 @ 12:55 pm izna

      Raos pisan kang 🙂

      Reply

  2. 11/04/2015 @ 5:49 pm Nia Haryanto

    Aduh… Izna ngabibita saya ajah ih. Pengen teh da saya arung jeram. Seumur-umur belom pernah nyobain.

    Reply

    • 11/05/2015 @ 12:56 pm izna

      Segera dicoba teh 🙂

      Reply

  3. 11/05/2015 @ 10:04 am Nathalia Diana Pitaloka

    pengen banget ih arung jeram… tp saya mah takut air heuheu…

    Reply

    • 11/05/2015 @ 1:00 pm izna

      Yang paling seru air nya teh 🙂 gak harus bisa berenang kok, nanti diajarin renang jeram dulu sebelum turun.

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloBandungku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool