Mih Kocok Mang Dadeng

Mang Dadeng, Mih Kocok Legendaris di Bandung

Hallo Ezytravellers! Seperti yang kita ketahui bersama, Bandung adalah salah satu kota wisata kuliner di Indonesia. Pada postingan kali ini saya ingin mengajak Anda semua untuk mengenal lebih jauh salah satu makanan khas di Bandung : Mih Kocok

Mih Kocok Mang Dadeng

Outlet Mih Kocok Jl. Banteng

Tunggu. Kenapa nulisnya ‘Mih’?

Orang Sunda terbiasa menyelipkan huruf ‘h’ dalam kata-kata. Seperti teh, mah, silahkan dan lain sebagainya. Oleh sebab itulah mengapa kata Mie berubah menjadi Mih.

Ada banyak outlet mih kocok di Bandung, namun yang paling terkenal dan legendaris adalah Mih Kocok Mang Dadeng yang terletak di Jl. Banteng (depan Hotel Horison Bandung). Letaknya yang strategis, membuat outlet mih kocok ini tak pernah sepi dari pelanggan. Setiap hari, pengunjung dari berbagai pelosok Indonesia menyerbu outlet ini. Bagi pelancong yang datang ke Bandung, makan Mih Kocok Mang Dadeng adalah kesempatan yang tak boleh ditinggalkan.

Mih Kocok Mang Dadeng

Mih Kocok Mang Dadeng

Mih kocok berbeda dengan mie baso. Bahan yang terdapat dalam mih kocok adalah mih pipih, toge, kulit sapi dan sumsun. Di beberapa tempat saya menemukan baso sebagai tambahan dalam mih kocok. Namun bentuk asli mih kocok tidaklah seperti itu (hanya kulit dan sumsum).

Bahan-bahan Mih Kocok

Bahan-bahan Mih Kocok

Ada beragam pilihan menu di tempat ini. Ada mie kocok biasa, mie kocok spesial (plus sumsum), sop kaki biasa, sop kaki spesial, mih baso ceker dan mih yamin baso ceker. Saya seringnya memilih mih kocok spesial dengan setengah porsi. Itu saja porsinya sudah banyak sekali.

Berkali-kali datang ke outlet ini, tak afdhol rasanya bila saya tidak bertemu dengan Mang Dadeng dan bertanya mengenai sejarah mih kocok ini. Saya sungguh penasaran, apa yang telah dilakukan Mang Dadeng sehingga usahanya ini menjadi begitu legendaris.

Karyawan Mang Dadeng

Karyawan Mang Dadeng

Kepada karyawannya, saya mengutarakan niat untuk bertemu langsung dengan Mang Dadeng. Hanya dalam waktu kurang dari 5 menit,ย  juragan mih kocok itu menghampiri saya. Melihat sosok Mang Dadeng pertama kali, saya langsung ingat dengan sosok Bob Sadino. Penampilan Mang Dadeng sangat sederhana dan apa adanya. Beliau hanya mengenakan kemeja kotak-kotak, celana pendek dan kalung akik.

Mang Dadeng

Mang Dadeng

Mang Dadeng telah menjalankan usaha mih kocok ini dari tahun 1958. Dulu Mang Dadeng memulai usaha mih kocok dari gerobak sederhana. Baru pada tahun 1965, Mang Dadeng mendirikan tempat untuk usaha mih kocoknya. Jika sudah selama itu, kurang lebih 57 tahun usaha ini berdiri. Sudah lama sekali.

Lalu, kira-kira usia Mang Dadeng berapa?

“Usia bapak mah gak jauh lah sama neng. Dua puluh tujuh!”

Saya mengernyit. Sedang tawa Mang Dadeng membuncah. Pada saat itu saya bisa melihat deretan giginya yang agak menguning karena rokok. Usia sudah kepala tujuh namun beliau masih nampak gagah dan sehat.

“Hidup mah dinikmati aja Neng. Mau ada yang menipu usaha, gagal kerjasama, lepasin aja semua beban. Semua penyakit itu sumbernya dari pikiran.”

Sangat setuju.

Pada saat itu saya mengetahui bahwa rahasia sukses Mih Kocok Mang Dadeng bukan hanya terletak pada bumbu rahasia dan kegigihan, namun juga pada pikiran positif yang selalu dijaga oleh Mang Dadeng.

Saat ini ada dua outlet Mih Kocok Mang Dadeng. Satu di Jl. Banteng (depan Hotel Horison) dan satu lagi di Street Food Trans Studio Mall. Sebenarnya dulu outletnya ada banyak, namun karena satu sebab akhirnya outlet itu berguguran. Saya sempat bertanya kepada Mang Dadeng tentang outlet Mie Kocok Mang Dadeng di Jl. Riau, ternyata outlet itu bukanlah cabang dari Mih Kocok Mang Dadeng yang asli. Jadi, soal rasa jelas berbeda.

Dalam sehari, outlet Mih Kocok Mang Dadeng bisa melayani ratusan pelanggan dengan omzet 15-20 juta per hari. Semua itu didapat dengan usaha yang gigih dan konsisten selama berpuluh-puluh tahun. Cita rasa Mih Kocok Mang Dadeng yang khas, mampu mengambil hati banyak konsumen untuk kembali ke tempat ini. Bahkan kabarnya, penyanyi Syahrini selalu mampir ke Mih Kocok Mang Dadeng setiap kali datang ke Bandung.

Saya sangat bersyukur bisa bertemu dengan Mang Dadeng dan berbicara banyak hal. Tidak sulit bertemu karena beliau selalu ada di tempat ini. Jadi kalau ke Bandung, datanglah ke Mih Kocok Mang Dadeng yang begitu tersohor.

Selamat menikmati kuliner khas Bandung ya Ezytravellers! ๐Ÿ™‚

~ Ijaah ~

Mang Dadeng, Mih Kocok Legendaris di Bandung
5 (100%) 2 votes
(Visited 247 times, 1 visits today)


About

Perempuan Sunda penyuka kelana. Punya mimpi jadi penulis. Tahu sedikit tentang kanker dan pengobatannya. Suka buku. Girang kalau punya teman baru. Menulis dengan cinta di ijaah.com dan berkicau riang di @ijahzahra. Email : zahra.rabbiradlia@gmail.com


'Mang Dadeng, Mih Kocok Legendaris di Bandung' have 9 comments

  1. 10/20/2015 @ 7:52 pm Tian Lustiana

    Wah bener mang Dadeng, semua penyakit sumbernya dari pikiran

    Reply

  2. 10/21/2015 @ 11:31 pm Anne Adzkia

    Selain mie kocok Mang Dadeng, saya juga penggemar Mie Kocok SUBUR yg di jalan Suryani. Enak juga lho.

    Reply

    • 10/22/2015 @ 9:36 pm Nia K. Haryanto

      Iya, enaaaak banget. Aku dulu sering ke sana. Aduuuh… jadi ngacay kalo inget teh ๐Ÿ˜€

      Reply

  3. 10/22/2015 @ 9:34 pm Nia K. Haryanto

    Kabitaaaaaa. Aku belom pernah ke siniiiii… *ih malu-maluin urang Bandung aja* ๐Ÿ˜€

    Reply

  4. 10/23/2015 @ 9:46 am Widya Herma

    Mie kocok emang kuliner paling favorit di Bandung. Mau kesini ah ๐Ÿ˜€

    Reply

  5. 10/24/2015 @ 1:10 pm izna

    Wahm saya blm pernah kesini nh, brb, merapat dulu

    Reply

  6. 10/24/2015 @ 5:14 pm Euis Sri Nurhasanah

    Wah, saya belum pernah coba. Kalau saya suka gak habis kalau makan mie kocok, soalnya gak suka kulit sapi.
    Inspiratif ya pemikiran Mang Dadeng ini. Ternyata sudah tua juga usia bisnisnya ya…

    Reply

  7. 11/01/2015 @ 9:23 am Nathalia Diana Pitaloka

    mih kocok favorit keluarga nih… seneng ih bisa ketemu mang dadengnya ๐Ÿ™‚

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

ยฉ2015ย HelloBandungku.comย a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool