Kawah Putih

Legenda di Balik Keindahan Kawah Putih Bandung

Jika ada yang bertanya perihal tempat wisata yang wajib dikunjungi selama di Bandung, Kawah Putih adalah jawabannya. Wanawisata yang terletak pada ketinggian 2.434 mdpl di selatan Bandung ini memiliki keindahan alam yang sangat indah. Kawah putih menawarkan keajaiban alam yang memesona : danau berwarna putih kehijauan yang kontras dengan bebatuan putih yang mengitari danau tersebut. Ada pula tebing batu kapur berwarna kelabu yang ditumbuhi lumut dan berbagai tumbuhan lainnya di sebelah utara danau.

Kawah Putih Bandung

Sumber : anekatempatwisata(dot)com

Kawah Putih terbentuk akibat meletusnya Gunung Patuha yang oleh masyarakat Ciwidey dianggap sebagai gunung yang tertua. Konon, Patuha diambil dari nama Pak Tua (sepuh). Oleh sebab itu masyarakat seringkali menyebutnya dengan sebutan Gunung Sepuh.

Lebih dari seabad yang lalu, Gunung Patuha dianggap angker oleh masyarakat setempat. Apa pasal?

Kawah Putih Bandung

Sumber : ijaah(dot)com

Siapa sangka bahwa di balik keindahannya, Kawah Putih menyimpan legenda yang penuh misteri. Konon kabarnya Kawah Putih adalah tempat berkumpulnya roh para leluhur. Menurut kuncen Abah Karna, terdapat beberapa makam leluhur di Kawah Putih ini seperti Eyang Jaga Satru, Eyang Rangsa Sadana, Eyang Camat, Eyang Ngabai, Eyang Barabak, Eyang Baskom dan Eyang Cambrong. Masyarakat sekitar sesekali melihat (secara gaib) sekumpulan domba berbulu putih (domba lukutan) yang dipercaya sebagai jelmaan dari para leluhur. Puncak Kapuk, salah satu puncak Gunung Patuha, dipercaya sebagai tempat rapat para leluhur yang dipimpin oleh Eyang Jaga Satru.

Legenda Kawah Putih yang diwariskan dari generasi ke generasi membuat tak seorang pun yang berani mendekati kawasan ini. Hingga pada tahun 1837, datanglah seorang Belanda peranakan Jerman bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn yang meneliti kawasan ini. Penelitian yang berdasar atas sebuah tanda tanya besar : mengapa tempat ini begitu sunyi dan sepi, bahkan tak ada satupun binatang yang melintas di daerah ini?

Temuan Dr. Franz Wilhelm ini rupanya adalah sebuah harta karun : danau dan pasir putih dengan kandungan belerang yang melimpah. Oleh karena itu berdirilah pabrik belerang di kawasan Kawah Putih yang pada jaman Belanda bernama Zwavel Ontgining Kawah Putih. Pada jaman Jepang, usaha pabrik ini dilanjutkan dengan pengawasan militer dan namanya diganti menjadi Kawah Putih Kenzanka Yokoya Ciwidey.

Kawah Putih Bandung

Sumber : ijaah(dot)com

Di kawasan Kawah Putih terdapat pula Hutan Cantigi dan Goa Belanda. Pengunjung bebas mengambil foto di mana pun selama tempat tersebut aman. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan selama Anda berkunjung ke Kawah Putih :

  1. Dalam kondisi normal, kunjungan max 15 menit. Dalam kondisi darurat seperti mual, pusing dan tenggorokan kering, segera tinggalkan area kawah.
  2. Jangan terlalu dekat dengan lumpur kawah.
  3. Dilarang membuang sampah dalam bentuk apapun ke kawah.
  4. Awasi putra putri Anda saat berwisata di kawah.
  5. Makan, merokok di area kawah dapat mengganggu kesehatan.
  6. Dilarang corat coret (vandalisme) pada fasilitas yang disediakan.
Kawah Putih Bandung

Sumber : ijaah(dot)com

Meski segala bentuk vandalisme dilarang, namun tetap saja di beberapa tempat ada coretan-coretan dari oknum pengunjung yang tidak bertanggung jawab.

AKSES dan BIAYA

Bagi Anda yang akan menggunakan kendaraan umum menuju Kawah Putih, berikut informasinya :

  • Dari Terminal Leuwi Panjang naik Bus atau Mini Bus (L300) jurusan Bandung – Ciwidey (berhenti di Terminal Ciwidey).
  • Dari Terminal Ciwidey naik angkutan umum (angkot) jurusan Ciwidey – Situ Patenggang (warna angkot kuning dan minta turun di gerbang kawah putih)
  • Dari gerbang menuju lokasi kawah, Anda bisa menempuhnya dengan berjalan sejauh 5 km (bagi penyuka hiking) atau menggunakan ontang-anting dengan biaya sebesar Rp. 15.000,- PP

Biaya masuk ke kawasan Kawah Putih (update Maret 2015) adalah sebesar Rp. 18.000,-/orang untuk wisatawan domestik (weekday/weekend) dan Rp. 50.000,-/orang untuk wisatawan mancanegara. Sedangkan untuk prewedding, biaya yang dikenakan sebesar Rp. 500.000,-

Kawah Putih buka sejak pukul 7 pagi hingga 5 sore.

Kawah Putih Bandung

ontang-anting | Sumber : ijaah(dot)com

Selain pesona keindahan alam Kawah Putih yang memesona, legenda dan misteri Kawah Putih menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini. Bahwa wanawisata ini sangat wajib Anda kunjungi selama di Bandung. Jangan lupa untuk membawa jaket, masker dan kamera untuk mengabadikan gambar Anda.

Selamat berlibur!

~ Ijaah ~

 

Sumber feature image : sebandung [dot] com

Sumber informasi : www [dot] kawah-putih [dot] com

Legenda di Balik Keindahan Kawah Putih Bandung
5 (100%) 1 vote
(Visited 1,051 times, 4 visits today)


About

Perempuan Sunda penyuka kelana. Punya mimpi jadi penulis. Tahu sedikit tentang kanker dan pengobatannya. Suka buku. Girang kalau punya teman baru. Menulis dengan cinta di ijaah.com dan berkicau riang di @ijahzahra. Email : zahra.rabbiradlia@gmail.com


'Legenda di Balik Keindahan Kawah Putih Bandung' have 5 comments

  1. 11/10/2015 @ 11:18 pm Rinrin Irma Rahmawati

    baru dua kali ke sini… yang pertama gak nyampe atas, baru tengah2 mobil malah mundur lagi.. akhirnya pulang sekalian hihihi… lain kali wajib ke sini lagi… asyik!

    Reply

    • 12/17/2016 @ 3:35 am Jayne

      Jeelne,Waln, there are other things your boys could be getting in to trouble for … And yes, we all have to learn to be discerning about what we read. I too got off the track a bit with what I read, which is why I was always on the lookout for good books for my kids.

      Reply

  2. 11/11/2015 @ 4:08 pm Benny Rhamdani

    ngerakeun… saya belum pernah ke sana

    Reply

  3. 11/12/2015 @ 8:24 am Nathalia Diana Pitaloka

    udah sering ke sana, tp ga bosen2 foto2 di sana 😀

    Reply

  4. 11/14/2015 @ 1:17 am Euis Sri Nurhasanah

    Baru sekali ke sana. Keren pemandangannya. Pantesan sering jadi latar pre-wed ato syuting MV :D. Baru tahu legendanya.

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloBandungku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool