Jendela Alam

Lebih Dekat dengan Alam di Jendela Alam Bandung

Siapa yang akhir pekan ini berencana untuk jalan-jalan ke Bandung? Sudah ada rencana mau ke mana? Bagi Ezytravellers yang akan mengajak anak atau keponakannya berlibur di Bandung, coba deh datang ke Jendela Alam.

Obyek wisata yang berada di daerah Bandung Utara (Kabupaten Bandung Barat) ini merupakan tempat wisata keluarga yang memfokuskan kegiatannya pada pendidikan dan lingkungan hidup. Lokasi tepatnya berada di Jalan Sersan Bajuri. Untuk mencapai lokasi tersebut, Ezytravellers bisa melalui Terminal Ledeng atau Cihideung, tergantung di mana lokasi hotel tempat Ezytravellers menginap di Bandung.

Di area kebun seluas +/- 4 hektare ini, Ezytravellers dapat menikmati udara pegunungan yang sejuk. Walaupun begitu, sebaiknya Ezytravellers datang ke sini sepagi mungkin, atau sore sekalian (Jendela Alam buka setiap hari mulai pukul 9 pagi sampai pukul 4 sore). Karena ketika siang, sinar matahari cukup terik. Jangan sampai hal tersebut menjadi penghalang untuk mengeksplorasi berbagai sudut menarik di tempat ini.

Jendela Alam

Papan penunjuk

Konsep yang digunakan di Jendela Alam yaitu kebun pertanian terpadu (integrated farming). Berikut saya jabarkan empat kegiatan utama yang bisa Ezytravellers lakukan di sana.

1. Kegiatan edukasi

Salah satu kegiatannya yaitu tour sahabat alam. Merupakan kegiatan berkeliling Jendela Alam untuk melihat dan berinteraksi dengan berbagai tumbuhan dan hewan yang ada di sana. Tumbuhannya lumayan lengkap. Ada kebun konvensional, tanaman obat, greenhouse hidroponik, greenhouse tomat cherry, dan rumah jamur tiram. Adapun hewannya, ada rusa totol, kambing etawa, sapi, kuda poni, ayam kampung arab, kelinci, dan beberapa jenis reptil.

Jendela Alam

Labu raksasa

Ginseng Korea

Ginseng Korea

Selain itu anak atau keponakan Ezytravellers juga bisa belajar berkebun, berburu harta karun, panen telur ayam arab, panen tomat cherry, membuat yoghurt, membuat cincau, atau membuat telur asin.

Kegiatan seru yang tidak boleh dilewatkan yaitu memberi makan hewan. Anak-anak akan dibimbing oleh akang/teteh fasilitator dan diberi sebuah keranjang kosong untuk diisi dengan wortel dan kangkung yang dipanen terlebih dahulu dari kebun konvensional. Setelah hasil panen tersebut dicuci hingga bersih, baru deh diberikan kepada hewan ternak yang ada di Jendela Alam.

Rusa totol di Jendela Alam

Rusa totol

Kuda poni di Jendela Alam

Kuda poni

2. Permainan

Walaupun judulnya ‘permainan’, tetapi anak-anak tidak akan hanya mendapat kesenangan dari kegiatan ini, namun juga bisa mendapatkan pembelajaran. Misalnya melatih motorik kasar, mengatur strategi, dan melatih kesabaran ketika bermain tangkap ikan dan menggiring bebek. Pssst, ikan hasil tangkapannya bisa dibawa pulang loh. Atau melatih keberanian ketika berenang, berkuda, dan flying fox dari ketinggian 8 meter dengan lintasan sepanjang 140 meter.

3. Workshop

Kalau kegiatan ini sih, cocoknya untuk anak-anak yang sudah agak besar. Ada workshop bedah anatomi hewan untuk belajar membedah dan mempelajari fungsi organ serta sistem dalam tubuh hewan tersebut. Ada juga workshop fase telur, workshop hidroponik, workshop biogas dengan memanfaatkan kotoran sapi sebagai energi alternatif, serta workshop komposting yang membuat pupuk kompos dari kotoran hewan dan sampah kebun.

4. Kegiatan seni

Di sini, kreativitas anak dikembangkan melalui kegiatan menghias layang-layang, menghias tanah liat, atau membuat prakarya dari daun kering. Nanti, hasilnya boleh dibawa pulang juga.

Menghias layang-layang di Jendela Alam

Menghias layang-layang

Lengkap ya. Dengan tiket masuk seharga Rp 10.000 per orang (hari kerja) atau Rp 15.000 per orang (Sabtu, Minggu, dan tanggal merah), Ezytravellers dapat dengan leluasa melihat-lihat tumbuhan dan hewan yang ada di Jendela Alam serta bermain di playground. Pulangnya dikasih suvenir pula (bibit tanaman atau telur ayam arab). Namun untuk kegiatan lainnya, dikenakan biaya lagi. Masih terjangkau kok, bervariasi sekitar Rp 15.000 sampai Rp 35.000 per anak. Untuk orang tua yang mendampingi sih gratis. Apabila mau, tersedia juga beberapa alternatif paket yang bisa dipilih. Lebih hemat dan sudah termasuk nasi kotak juga.

Kelebihan lain dari tempat ini, Ezytravellers tetap dapat menikmati permainan walaupun datangnya tidak beramai-ramai (Jendela Alam sering menerima rombongan field trip baik dari sekolah maupun instansi). Meskipun hanya membawa satu anak, tetap akan dilayani dan didampingi oleh akang/teteh fasilitator yang baik dan ramah.

Bagaimana, tertarik? Jangan lupa, gunakan topi dan siapkan bekal air minum ya 😉

Lebih Dekat dengan Alam di Jendela Alam Bandung
3.67 (73.33%) 3 votes
(Visited 849 times, 1 visits today)


About

Mom blogger. Food and book lover. Email: sweet_donath@yahoo.com ;)


'Lebih Dekat dengan Alam di Jendela Alam Bandung' have 16 comments

  1. 10/15/2015 @ 4:32 pm Fajruddin Muchtar

    keren nih… saya suka tempat-tempat begini.

    Reply

  2. 10/16/2015 @ 6:39 am Euis Sri Nurhasanah

    Baru tahu ada tempat menarik ini di Sersan Bajuri. Edukatif ya… Cocok buat ngajak ponakan kesini :).

    Reply

  3. 10/16/2015 @ 12:21 pm Evi Sri Rezeki

    Keren ^^b ini paket lengkap banget

    Reply

  4. 10/16/2015 @ 4:45 pm Nia Haryanto

    Baru tahu tempat ini. Seru kayaknya bawa keluarga ke sini. Adeeeeem…

    Reply

  5. 10/17/2015 @ 5:16 pm Zahra Rabbiradlia

    Ih seruuuu ya. Ada kuda poni yang lucuuuu

    Reply

  6. 10/17/2015 @ 7:39 pm izna

    Noted, destinasi yng blm pernah di kunjungi

    Reply

  7. 10/20/2015 @ 2:27 pm @nurulrahma

    Kalo dari geger kalong, deket ya mak?
    Sodaraku tinggal di situ. Pengin main ke BDG lah kapan2 🙂

    Reply

  8. 10/21/2015 @ 6:30 pm Eksa Studio

    Wah mantap nih mbak tempatnya 😀 Besok kalau ke Bandung bisa nih mampir kesitu…

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloBandungku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool