Colenak Murdi

Kuliner Legendaris Di Bandung, Colenak Murdi

Bandung, kini sudah menjadi surga kuliner dan  destinasi wisata yang oke banget buat dijadikan pilihan berlibur para travellers dari luar kota. Dari Jakarta, Medan, Surabaya, Aceh dan kota lainnya sekarang gampang banget jika ingin mencicipi kenikmatan dan berlibur ke Bandung, tinggal booking tiket pesawat dan langsung deh mengunjungi kota kembang. Mulai dari kuliner tradisional sampai kuliner ala barat juga semua ada di kota Bandung, jadi gak ada alasan untuk tidak menghabiskan waktu di kota kembang ini. Salah satu kuliner tradisional yang cukup terkenal di kota Bandung adalah COLENAK. Di cocol enak, itulah kepanjangan dari colenak.

Colenak Murdi

Colenak terbuat dari peuyeum sampeu (tape singkong) yang dibakar kemudian dihidangkan dengan saus gula merah (kinca) yang sudah dicampur dengan kelapa. Sekarang peuyeum bakar ini enggak Cuma bisa dinikmati dengan saus gula merah (kinca) dan kelapa saja, tapi ada juga yang rasa durian, nangka dan varian rasa lainnya. Semakin inovatif sekarang rasa colenaknya.

Menikmati colenak bisa disandingkan dengan teh pahit panas atau dengan kopi pahit. Cocok sekali dinikmati dipagi hari untuk sarapan atau disore hari sambil menikmati kesejukan hawa kota Bandung.

Peuyeum kan memiliki kadar gula yang sangat tinggi karena proses fermentasinya, maka pembakaran peuyeum pun tidak perlu lama, agar tidak gosong, tapi kalau gosong biasanya lebih enak. Colenak yang terkenal di Bandung adalah COLENAK MURDI, sudah tidak asing lagi kan para travellers mendengar namanya? Colenak Murdi ini sudah berjualan sejak tahun 1930 an. Wiih sudah lama sekali, legendaris. Peuyeum digulaan ini laris manis sekali sampai sekarang.

Colenak Murdi

Buat para travellers yang sedang menikmati liburan di Bandung dan ingin menikmati Colenak Murdi yang legendaris ini, silakan langsung ke jalan Ahmad Yani no. 733 daerah Cicadas. Itu lho arah jalan yang mau ke terminal Cicaheum, tau kan?

Bisa menikmati colenak dengan segelas teh hangat. Colenak Murdi ini bahkan pernah dijadikan sajian penutup para kepala Negara pada saat konferensi Asia – Afrika pada tahun 1955 lalu.

Colenak Murdi

Colenak Murdi

Colenak Murdi ini bisa dengan gampang dibedakan dengan colenak lainnya, yakni pada kualitas tape atau peuyeumnya. Colenak Murdi menggunakan kualitas peuyeum local dari Cimeunyan yang bertekstur lembut tapi enggak lembek. Jadi, rasa peuyeumnya ini mempunyai citarasa yang khas dan enak banget pas dibakar dan dipadukan dengan kinca gula merah. Apalagi kalau kelapanya banyak, waaaah dijamin kelezatan colenak semakin terasa.

Colenak Murdi

Jadi, jangan lupa berkunjung ke Colenak Murdi ya, dan nikmati colenak sambil bernyanyi “colenak beuleum peuyeum digulaan, dicocol enak bari peureum duduaan”. Artinya : colenak bakar tape pake gula, dicocol enak sambil meureum berduaan, hehe asik kan menikmati colenak sambil berduaan.

Kuliner Legendaris Di Bandung, Colenak Murdi
5 (100%) 1 vote
(Visited 534 times, 1 visits today)


About

Ordinary mom and wife with extraordinary dreams. Blogger, Buzzer, Content Writer. Silakan kunjungi blog pibadi : www.tianlustiana.com dan www.parentian.com "Reaching the world with the words"


'Kuliner Legendaris Di Bandung, Colenak Murdi' have 1 comment

  1. 11/19/2015 @ 10:50 am Nathalia Diana Pitaloka

    sukaaa… tp cepet giung, jd sdikit aja makannya saya mah 😀

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloBandungku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool