Kampung Tengah Kawah Cibuni

Kampung Tengah Kawah di Bandung

Selain kawah Putih, Perkebunan teh Ciwalini dan Situ Patenggang, kawasan Ciwidey memiliki satu tempat yang unik. sebuah kampung di tengah kawah. Kampung ini benar-benar berada di tengah kawah aktif dan hanya boleh dihuni oleh empat kepala keluarga. Nah mumpung akhir, pekan, segera tetapkan tujuan anda ke Bandung dan temukan sesuatu yang unik di Bandung.

Jaraknya tak jauh dari Situ Patenggang. Perlu waktu sekitar 15 menitan untuk bisa mencapai gerbang Cibuni. Cibuni terdapat di kawasan Perkebunan Rancabali, bagian Rancabali II. Daerah ini juga disebut Cibuni karena berada di dalam kawasan Perkebunan Teh Cibuni, Ciwidey.

Kampung Tengah Kawah Cibuni

Oleh karena itu, setelah melewati pintu masuk Cibuni yang ditarif Rp 5.000/orang itu, maka kita akan disuguhi pemandangan indah. Ada juga perumahan biru pemetik teh yang berlatar belakang perkebunan teh yang hijau menghampar seperti permadani. Perlu waktu 20 menit dengan berjalan kaki untuk sampai ke Cibuni. Tak perlu khawatir, karena kita akan disuguhi pemandangan yang elok khas Cibuni.

Kondisi jalan masih belum terlalu bagus sebetulnya bisa dilewati motor. Dengan motor akan lebih cepat sampai, asal saja motornya sehat walafiat. Sebab di musim penghujan, jalan akan becek dan justru menyulitkan motor. Jadi masih lebih asyik jalan kaki ketimbang harus mendorong motor di tempat seperti ini.

Kampung Tengah Kawah Cibuni

Cibuni memiliki arti, Ci artinya air, dan Buni artinya tersembunyi. jadi Cibuni artinya air yang tersembunyi. Saya harus sepakat dengan pemberian nama itu, karena lokasinya yang memang agak tersembunyi.

Karena ketersembunyian itu pula mungkin hingga saat ini tak banyak orang mengetahui keberadaan Cibuni. Cibuni masih kalah pamor dibanding tujuan wisata favorit di daerah Ciwidey seperti Kawah Putih, Ciwalini atau Situ Patenggang padahal keunikannya tak jauh beda dengan tempat lainnya.

Ada kabar bahwa Kawah Cibuni akan dikembangkan pula sehingga akan menjadi salah satu tujuan wisata favorit. Saya pikir ada betulnya juga, karena ketika saya mengunjungi Cibuni sedang ada proses pelebaran jalan.

Kampung Tengah Kawah Cibuni

Di Cibuni, orang bisa melihat dan mendekati kawah sampai betul-betul dekat. Bahkan kalau mau, bisa juga berendam. Namun ingat, airnya sangat panas, panasnya bisa mematangkan telur dalam beberapa menit saja. Untuk berendam perlu dicampur dengan air dingin.

Untungnya penduduk kampung Cibuni telah menyediakan pancuran pemandian yang sudah dicampur sehingga menghasilkan air yang hangat. Untuk yang berniat berobat dengan air panas Cibuni, menurut mitosnya haruslah mendapat ijin dari sesepuh kampung sehingga dengan demikian proses berobat bisa maksimal

Fasilitas yang tersedia di Kawasan Cibuni juga sudah cukup memadai. Selain ada toilet umum, ada juga musala kecil dan warung-warung yang bisa menjadi pilihan untuk sedikit mengganjal perut. Kalau mau menginap di sini ya harus izin dari tetua tempat itu.

Jika tak mau kehujanan ya harus membawa payung atau memilih waktu yang tak bersamaan dengan hujan turun. Kalau sudah di Cibuni nikmati saja keindahannya yang masih tergolong asli sebelum ada pengembang yang mengubah keasriannya.

Kampung Tengah Kawah Cibuni

Kampung Tengah Kawah di Bandung
5 (100%) 1 vote
(Visited 243 times, 1 visits today)



'Kampung Tengah Kawah di Bandung' have 6 comments

  1. 10/30/2015 @ 8:39 pm Nia Haryanto

    Wuih… ngeri-ngeri sedap gitu ya jadi penghuni di situ. Pemandangannya menakjubkan, sekaligus menakutkan kalo tiba-tiba muncul uap panas misalnya. Jagoan…

    Reply

  2. 11/01/2015 @ 8:46 am Nathalia Diana Pitaloka

    keren banget… pgn ih ke sana…

    Reply

  3. 11/04/2015 @ 4:02 pm Benny Rhamdani

    Jadi pengen meluncur ke sana

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloBandungku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool