Lembang

Indahnya Sukulen di Dataran Tinggi Lembang Bandung

Hallo Ezytravelers. Kali ini saya ingin mengajak Anda untuk melihat keindahan sukulen yang ada di dataran tinggi Bandung, yakni Lembang. Namun sebelumnya saya ingin bertanya. Apakah Anda tahu apakah sukulen itu?

Sukulen adalah istilah untuk sekelompok tanaman yang memiliki karakteristik : salah satu atau lebih dari bagian tubuhnya yang dapat menyimpan air. Tentu dalam bayangan kita, teringat bahwa karakter semacam ini dimiliki juga oleh kaktus. Oleh karena itu, semua jenis kaktus adalah sukulen, tapi tidak semua sukulen adalah kaktus.

Lembang

Sukulen di Rumah Bunga Rizal. Sumber : ijaah(dot)com

Salah satu tempat yang memiliki jenis sukulen lengkap terletak di Rumah Bunga Rizal Bandung. Pada saat memasuki kawasan ini, kita akan dihadapkan pada pemandangan indah dari berbagai jenis sukulen. Ternyata, sukulen tidak hanya berwarna hijau, tapi juga berwarna pink, ungu, kuing, oranye dan lain sebagainya.

Bentuk sukulen pun bermacam-macam. Ada yang bentuknya mekar seperti bunga, ada yang bulat, ada yang panjang pipih dan ada yang penuh duri seperti kaktus yang sering kita lihat pada umumnya. Di tempat ini juga terdapat kaktus yang sangat besar, sangat tinggi dan penuh duri.

Lembang

Sumber : Ijaah(dot)com

Lembang

Sumber : ijaah(dot)com

Kaktus Lembang

Sumber : Google

Rumah Bunga Rizal berdiri pada tahun 1978. Kaktus adalah komoditas pertama yang dibudidayakan oleh tempat ini. Kini, anggrek dan tanaman hias lain dibudayakan juga oleh Rumah Bunga Rizal.

Pada tahun 2002, Rumah Bunga Rizal berbenah dan mengubah konsep dari kebun produksi menjadi kebun wisata. Sehingga kini Rumah Bunga Rizal menjadi tempat yang asyik untuk berekreasi bersama orang-orang tercinta. Anda juga bisa mengambil gambar sepuas hati di tempat ini.

Selain kebun yang luas, tempat ini menyediakan fasilitas mushola yang nyaman, tempat makan dan kursi-kursi yang nyaman. Jika beruntung, kita juga dapat berkonsultasi langsung dengan Pak Rizal Djaafarer, pemilik Rumah Bunga Rizal, mengenai tanaman. Untuk konsultasi, kita tidak akan dipungut biaya sepeserpun. Kita juga bisa melakukan reservasi untuk acara arisan, reuni atau karyawisata.

Di sini Anda juga dapat membeli berbagai produk kreatif sebagai penunjang hobi berkebun seperti batok kelapa, kawat gantung, dan sebagainya. Terdapat pula produk lainnya seperti meja kebun, souvenir tanaman unik, cover pot tempurung kelapa, anggrek dalam cangkang keong dan wadah tanam botol plastik. Anda juga dapat mengikuti kursus budidaya anggrek dan kaktus di tempat ini.

Bagi Anda yang kebingungan mencari suvenir untuk pernikahan, Anda bisa mempertimbangkan sukulen sebagai pilihan Anda. Biaya per pot (kecil) berkisar antara Rp. 3.500 – Rp. 5.000. Namun jika Anda memesan dalam jumlah besar, biayanya dapat disesuaikan.

Sukulen Lembang

Source : adr25(dot)blogspot(dot)co(dot)id

Untuk mencapai Rumah Bunga Rizal, Anda membutuhkan waktu sekitar 10 menit perjalanan dari pusat kota Lembang ke arah Maribaya. Alamat lengkap Rumah Bunga Rizal di Jl. Maribaya KM 2,4 Lembang, tepat di sebelah Taman Bunga Begonia. Akses masuk ke Rumah Bunga Rizal ini gratis dan buka dari pukul 7 pagi hingga 4 sore.

Jadi tunggu apa lagi. Jika Anda sedang berwisata ke Bandung, mampirlah ke taman-taman bunga yang terdapat di sepanjang Jalan Maribaya, Lembang. Semangat berbahagia! 🙂

– Ijaah –

Sumber :

rumahbunga-rizal[dot]com

visitlembang[dot]com

Indahnya Sukulen di Dataran Tinggi Lembang Bandung
5 (100%) 1 vote
(Visited 952 times, 1 visits today)


About

Perempuan Sunda penyuka kelana. Punya mimpi jadi penulis. Tahu sedikit tentang kanker dan pengobatannya. Suka buku. Girang kalau punya teman baru. Menulis dengan cinta di ijaah.com dan berkicau riang di @ijahzahra. Email : zahra.rabbiradlia@gmail.com


'Indahnya Sukulen di Dataran Tinggi Lembang Bandung' have 4 comments

  1. 10/26/2015 @ 7:32 pm Rahmah

    Mau mencoba menjadi pengusaha souvenir pernikahan dengan sukulen ini…

    Reply

  2. 10/26/2015 @ 8:46 pm Nia Haryanto

    Lucu banget ya sukulen yang dijadiin souvenir. Unik…

    Reply

  3. 10/28/2015 @ 5:46 pm Rinrin Irma Rahmawati

    sering dapet nih kalo di nikahan… di rumah ada 5 sekarang… lumayan awet, gak perlu disiram hihi

    Reply

  4. 11/01/2015 @ 9:04 am Nathalia Diana Pitaloka

    hihihi saya udah beberapa kali ke sana… soalnya anaknya, temen kuliah suami saya 😀
    betah deh 🙂

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloBandungku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool