Goa Sinjang Lawang

Goa Sinjang Lawang – Pangandaran, Wisata Cave Tubing yang Masih Perawan

Bagi sebagian Ezytravellers mungkin wisata cave tubing masih sangat asing. Wisata ini menawarkan perjalanan menyusuri keindahan sebuah goa dengan ban besar seukuran badan dan menggunakan pelampung. Kali ini, saya akan mengajak Ezytravellers mengunjungi Goa Sinjang Lawang, Pangandaran, yang bisa dijangkau dari Bandung dengan menempuh perjalanan selama kira-kira 5 jam berkendaraan. Jarak tempuh tersebut sekitar 174 km dari Bandung, tepatnya di Dusun Parinenggang, Desa Jadimulya, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran. Saya jamin, Ezytravellers enggak akan menyesal merasakan sensasi wisata cave tubing di Goa Sinjang Lawang, Pangandaran, yang masih perawan.

Daerah Pangandaran yang memang dekat dengan pantai menyajikan hawa panas bersahabat. Namun jangan takut gosong, begitu tiba di titik poin awal menyusur Goa Sinjang Lawang, Ezytravellers akan disambut pepohonan rimbun menyejukkan. Dari titik poin tersebut menuju mulut Goa Sinjang Lawang, Ezytravellers enggak bisa lagi berkendaraan melainkan harus berjalan kaki sekitar 15 menit.

Goa Sinjang Lawang

Titik poin Goa Sinjang Lawang

Rasa lelah terbayar begitu mendengar gemericik sungai yang mengalir dari sungai Cijulang Kulon (Cisitu) dan Cijulang Tengah, bebatuan indah, dan mulut Goa Sinjang Lawang yang masih perawan. Goa Sinjang Lawang baru dibuka sebagai tempat wisata sejak tahun 2014. Masih baru, bersih, dan belum tersentuh tangan jahil.

Goa Sinjang Lawang

sungai yang mengalir dari sungai Cijulang Kulon (Cisitu) dan Cijulang Tengah

Nama Goa Sinjang Lawang diambil dari bahasa Sunda yaitu sinjang berarti kain, dan lawang berarti pintu. Dari mulut goa, Ezytravellers bisa melihat ukiran alam seperti motif batik sinjang. Di mulut goa tersebut, Ezytravellers mulai memakai peralatan cave tubing yaitu ban sebesar badan dan pelampung. Ezytravellers juga akan dipakaikan helm dan headlamp.

Goa Sinjang Lawang

Mulut Goa Sinjang Lawang

Setelah mengenakan perlengkapan, tour leader dan instruktur akan mengajak Ezytravellers menikmati Goa Sinjang Lawang yang memiliki panjang sekitar 500 meter dengan lebar dan tinggi sekitar 65 meter dan 60 meter. Kedalaman airnya bervariasi berkisar 3 meter sampai 7 meter. Airnya cukup gelap hingga enggak tertebus lampu. Namun Ezytravellers bisa menikmati ragam motif di dinding dan atap goa. Goa stalaktit ini menyajikan keajaiban bagaimana kekuatan air membentuk batuan karst, yang paling mencolok adalah bentuk dinding menyerupai batu tokek dan batu payung.

Sampai di tengah goa, ada batu besar yang atapnya berlubang sehingga tembus cahaya. Semburat cahaya memancar dari atas menerpa aliran air berpendar-pendar. Rehatlah sejenak di sini. Ada dataran yang terbentuk dari batuan-batuan kecil. Ezytravellers bisa mandi cahaya sehangat pelukan.

Goa Sinjang Lawang

Mandi cahaya di tengah Goa Sinjang Lawang

Puas mandi cahaya, Ezytravellers akan dibawa menyusuri bagian goa hingga ujung. Ada keajaiban lain menanti, menengadahlah, Ezytravellers akan melihat atap goa berbentuk hati. Ezytravellers bisa berbaring santai sambil berpengan tangan dengan peserta lain. Rasakan kesunyian goa hingga melesap ketenangan ke dasar jiwa.

Goa Sinjang Lawang

Ujung Goa Sinjang Lawang

Goa Sinjang Lawang

Ukiran hati di atap Goa Sinjang Lawang

Hanya dengan membayar 200rb saja, Ezytravellers mendapat fasilitas paket cave tubing Goa Sinjang Lawang, Pangandaran. Fasilitas tersebut meliputi tiket masuk, alat bodyrafting, instruktur bodyrafting, asuransi, standart P3K, dokumentasi, makan, dan tour leader.

Oh iya, paket makannya adalah liwetan terdiri dari nasi liwet harum menggoda, ayam goreng, sambal dadak, sambal kecap, tumis kacang panjang, dan lalapan. Emm … yummi!

Goa Sinjang Lawang

Paket makan siang liwetan

Goa Sinjang Lawang – Pangandaran, Wisata Cave Tubing yang Masih Perawan
5 (100%) 2 votes
(Visited 254 times, 1 visits today)


About

Blogger | Author | Entrepreneurship, but more than that, i'm a fantasy person


'Goa Sinjang Lawang – Pangandaran, Wisata Cave Tubing yang Masih Perawan' have 1 comment

  1. 11/25/2015 @ 10:41 am Nathalia Diana Pitaloka

    duh… sering bgt ke pangandaran tp blum pernah nyoba yg bginian mah

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloBandungku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool