Dago Bandung

Empat Jam di Car Free Day Dago Bandung

Selain dikenal sebagai kawasan perumahan elit pada tahun 1950an, jalan Ir.H. Djuanda Bandung (Dago) juga menjadi salah satu pusat destinasi wisata fashion dan juga tempat bercengkerama banyak orang. Jalan nan padat ini kehilangan salah satu elemennya selama 4 jam, dalam satu hari setiap minggunya, tepatnya pada hari minggu pagi, pukul 06.00 s.d. 10.00 WIB.

Car Free Day Dago

Car Free Day Dago di Bawah Jalan Layang Surapati

Jalan Dago menjadi lokasi kegiatan Car Free Day di Bandung, atau hari bebas kendaraan bermotor. Sebuah konsep yang pertama kali muncul pascakrisis minyak tahun 1973, namun belum terstruktur hingga diselenggarakanya konferensi International Ciucades Accesibles di Toledo, Spanyol pada bulan Oktober 1994.

Paris Car Free Day

Paris Car Free Day

Car Free Day pertama diselenggarakan oleh Perancis pada tahun 1997 dengan tema โ€œIn Town, Without My Car!โ€ yang didahului dengan peresmian kampanye nasional oleh Environmental Transport Association Inggris di tahun yang sama. Peristiwa tersebut membawa konsep ini mendunia dengan tema World Car Free Day yang pertama kali di usung oleh Carbusters (sekarang World Carfree Network). Untuk Indonesia sendiri Car Free Day pertama kali diadakan di Jakarta pada tahun 2007, yang disusul oleh Bandung di tahun berikutnya dengan jalan Ir.H. Djuanda menjadi lokasinya.

Car Free Day Dago membentang dari selatan ke utara sepanjang jalan Ir.H. Djuanda yang dimulai dari bawah jalan layang Surapati hingga pertemuan jalan Ir.H Djuanda dan jalan Dayang Sumbi.

Peta Car Free Day Dago

Peta Car Free Day Dago

Ada gula, ada semut, Car Free Day Dago menjadi tempat berkumpulnya banyak orang bukan tanpa alasan. Selain Anda yang masuk ke dalam kategori maniak Car Free Day yang akan selalu eksis,pada dasarnya kawasan ini bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Pengunjung Car Free Day Dago

Pengunjung Car Free Day Dago

Car Free Day Dago lebih dapat kita nikmati secara maksimal apabila kita sudah berada di lokasi pada pukul 06.00 WIB. Pada waktu tersebut suasana Car Free Day masih relatif senggang. Udara segar Bandung di pagi hari ditambah akifitas sehat menjadi salah kebutuhan yang semakin sulit dipenuhi ditengah perkembangan Kota Bandung.

Suasana Car Free Day Dago

Suasana Car Free Day Dago

Ada banyak aktifitas yang Anda bisa lakukan di dalam kawasan ini, seperti jogging, bersepeda, skate boarding, jumping stilts, atau apapun yang terpikir oleh Anda selama tidak melibatkan emisi gas buang.

Salah Seorang Jumper

Salah Seorang Jumper di Car Free Day Dago

Kawasan Dago pun sering digunakan sebagai ajang sosialisasi kegiatan. Anda dapat melihat beragam bentuk sosialisasi yang disampaikan secara unik di sini.

Sosialiasi Event

Sosialiasi Event di Car Free Day Dago

Tidak hanya itu saja, Car Free Day Dago juga menawarkan serangkaian peristiwa unik yang membedakanya dengan acara sejenis Pasar Kaget yang biasa diadakan secara reguler di beberapa titik di kota Bandung yang mana menjadi daya tarik tersendiri. Di sini Anda dapat menemukan banyak hal yang mungkin jarang Anda temui sehari-hari.

Cosplay di Car Free Day Bandung

๐Ÿ™‚

Anda dapat selalu mampir ke tempat makan terdekat apabila lapar atau mungkin hanya tergoda oleh kuliner yang dijajakan. Mulai dari makanan ringan hingga makanan berat, makanan lokal hingga internasional bisa Anda dapatkan. Kurang Bandung rasanya apabila kuliner tidak digabungkan dengan fashion, tidak perlu khawatir, di sini Anda dapat window shopping atau berbelanja baik itu di FO kawasan Dago atau dari penjual yang berdagang hanya pada event ini saja.

Tennant Tradisional di Car Free Day Dago

Tennant Tradisional

Nah, apabila sudah puas melakukan aktivitas di sepanjang kawasan Dago dan ingin kembali menikmati minggu santai di rumah akan tetapi Anda tersadar akan SIM Anda yang belum diperpanjang atau bahkan sudah mati bertahun-tahun. Anda bisa melakukan pengurusan dokumennya di sini juga loh.

Sim Keliling di Car Free Day Dago

Sim Keliling di Car Free Day Dago

Bagi saya pribadi daya tarik utama dari Car Free Day Dago ini adalah keunikan orang-orang yang ada di sana. Bentuk ekspresi mereka yang diwadahi oleh kawasan ini sering membuat saya tersenyum, bukan sebagai objek, akan tetapi sebagai subjek yang memiliki kehendak bebas.

Empat Jam di Car Free Day Dago Bandung
5 (100%) 1 vote
(Visited 2,722 times, 1 visits today)


About

I'm a simple man. I see travel destinations, i press like.


'Empat Jam di Car Free Day Dago Bandung' have 7 comments

  1. 10/22/2015 @ 6:40 am Zahra Rabbiradlia

    Seru hunting jajanan di sini mah ๐Ÿ˜€

    Reply

    • 10/27/2015 @ 12:22 pm izna

      Banyak jajanan yang aneh” disini teh

      Reply

  2. 10/22/2015 @ 9:30 pm Nia K. Haryanto

    Iya, main ke CFD Dago mah asyiknya hunting makanan. Wkwkwkw… emak-emak banget ๐Ÿ˜€

    Reply

    • 10/27/2015 @ 12:23 pm izna

      Sembari lihat” yang lain juga, banyak dapat input disini ๐Ÿ™‚

      Reply

  3. 10/24/2015 @ 5:08 pm Euis Sri Nurhasanah

    Duh, udah lama rasanya gak nengok CFD, padahal deket banget. Pengennya sih bersepeda, tapi dlm waktu singkat suka udah keburu banyak orang aja, jadi kurang leluasa. Banyak yg unik emang disini :D.

    Reply

    • 10/27/2015 @ 12:26 pm izna

      Wahh sepedahan, kalo sepedahan bisa ambil rute naek ke atas, pulangnya bisa mampir sarapan disini ๐Ÿ™‚

      Reply

  4. 11/01/2015 @ 9:18 am Nathalia Diana Pitaloka

    percaya ga, saya blum pernah ke cfd ๐Ÿ™

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

ยฉ2015ย HelloBandungku.comย a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool