Ciwangun Indah Camp, salah satu alternatif untuk camping di Bandung

Dua Tempat Camping Favorit di Bandung

Bagi wisatawan dari Jakarta dan kota-kota lainnya yang sering datang ke Bandung, mendatangi outlet-outlet fashion hingga tempat kuliner sudah bukan hal aneh lagi. Banyak dari mereka akhirnya mencari destinasi wisata di sekitar Bandung yang tak kalah menariknya, baik melalui paket tour maupun pribadi. Terutama bagi mereka yang menyukai kegiatan camping alias berkemah. Baik dengan teman-teman maupun keluarga.

Berdasarkan pengalaman saya menjelajah beberapa tempat camping di sekitar Bandung, setidaknya ada dua area yang seru buat melakukan kegiatan alam ini.

Bukit Bintang

Bukit Bintang, relatif dekat dengan kota bandung. (Foto: Benny Rhamdani)

Bukit Bintang, relatif dekat dengan kota bandung. (Foto: Benny Rhamdani)

Saya  mendatangi Puncak Bintang bintang belum lama ini bersama Hammockers Jawa Barat. Ternyata sudah setahun Perhutani Bandung Utara memiliki wisata alam di RPH Arcamanik, BKPH Manglayang Barat, yang  secara administrasi pemerintahan masuk dalam wilayah Kampung Buntis Bongkor, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung,

Untuk menuju Puncak Bintang dapat melalui akses Jalan Padasuka yang selama ini dikenal sebagai lokasi Saung Angklung Mang Ujo. Pengunjung bisa mengendarai sepeda, motor, maupun mobil. Saya menaiki kendaraan roda empat menuju ke utara kurang lebih selama 30 menit. Ingat, jangan menggunakan mobil rendah atau sedan ke lokasi karena jalannya menajak, sempit, dan beberapa ruas jalan berlobang. Menjelang lokasi malah sebagian jalan masih tanah polos alias belum diaspal.

Jalan ini terkenal untuk menuju lokasi tempat makan Cartil atau Caringin Tilu. Warga Bandung biasanya makan di sini sambil melihat kota Bandung bermandi cahaya di malam hari.  Di Cartil kita bisa melihat simbol bintang sebagai penanda lokasi. Ikuti saja terus jalan menuju Puncak Bintang. Tersedia lahan parkir untuk motor dan mobil di sekitar 100 meter sebelum pintu masuk. Di malam Minggu tempat parkir biasanya sangat ramai.

Dari tempat parkir sebenarnya bisa menikmati panorama alam yang indah meskipun ketika saya datang sedang musim kemarau. Mata langsung terasa teduh karena masih bisa melihat banyak pepohonan. Sebelum pintu masuk pengunjung bisa melihat perkebunan palawija dan tomat.

Pengunjung harus membayar restribusi masuk. Pada hari biasa tiket masuk hanya Rp5.000 per orang. Harga ini hanya untuk kunjungan biasa. Untuk berkemah tarifnya Rp15.000 per malam per orang.

Hal yang membuat saya suka datang ke Puncak Bintang adalah fasilitasnya yang lumayan lengkap untuk obyek wisata yang terbilang baru. Selain parkir, di dalam area juga kita bisa menikmati lesehan di beberapa saung. Tersedia juga toilet yang bersih di beberapa spot. Tentu saja juga ada mushola kecil dari kayu yang tampak alami.

Selain keindahan alamnya, juga panorama sunset menjelang malam yang sangat begitu mempesona serta sejuknya udara dingin hutan pinus, di Puncak Bintang juga tersedia jogging track, bicycle track serta kita bisa melihat view Bandung Lembang dari satu titik. Satu lagi yang tak kalah seru adalah menikmati lautan awan di pagi hari saat sunrise. Itu jika pengunjung beruntung. Makanya, sangat direkomendasikan untuk camping saja, biar dapat sunrise dan sunset.

Ciwangun Indah Camp

Ciwangun Indah Camp, memiliki sarana lengkap. (foto: Benny)

Ciwangun Indah Camp, memiliki sarana lengkap. (foto: Benny Rhamdani)

Saya mendatangi tempat ini karena ada agenda Kemah Musim Kemarau bersama teman-teman. Jika berangkat dari Bandung bisa melalui tiga alternatif jalan, yakni ke arah Jalan Setiabudi lalu belok ke Jalan Sersan Bajuri, bisa juga melalui Jalan Parompong Lembang. Alternatif lainnya melalui Jalan Ciwaruga. Dari arah Jakarta bisa melalui Jalan Kolonel Masturi Cimahi agar lebih dekat dan relatif tidak macet.

Ciwangun Indah Camp (CIC) berdiri pada tanggal 5 September 2006 atas prakarsa Bpk. H. Kosasih Dermawan S.H dan dibuka secara resmi pada Tanggal 5 September 2007. CIC didukung oleh lahan seluas 22 Ha, dengan ketinggian 1000 m diatas permukaan laut, yang meliputi : areal Hutan Pinus, Perkebunan Teh, Sungai, Perbukitan, Danau Buatan, Air Terjun, serta fasilitas  pendukung lainnya.

Saya suka tempat ini, selain karena udaranya yang segar, juga memiliki fasilitas lengkap. Jadi kalau ke sini bareng keluarga cukup aman. Kalau saat berkemah tidak kuat menahan udara juga bisa pindah ke kamar-kamar pondokan yang tersedia. Selain itu, lokasinya tak jauh dari Curug Cimahi yang indah itu.

Bagi pecinta hammocking tempat ini juga menyenangkan karena banyak pohon pinus yang jaraknya cukup pas untuk memasang hammock.

Alamat lengkapnya adalah Jalan Kolonel Masturi, Desa Ciohanjuang Rahayu, Kecamatan Parompong, Bandung Barat. Untuk tiket masuk per orang Rp10.000. Tapi untuk paket rombongan yang hendak camping, sebaiknya hubungi langsung ke pemasaran CIC.

Selamat camping ya!

Dua Tempat Camping Favorit di Bandung
5 (100%) 4 votes
(Visited 6,857 times, 1 visits today)


About

A lifestyle blogger lives in Bandung


'Dua Tempat Camping Favorit di Bandung' have 18 comments

  1. 10/06/2015 @ 10:55 pm izna

    Bukit bintang tempat favorit jaman sekolah dulu, nah kalo yang ciwagun ini sempat ngelewat, blm pernah nyobain kemah disana.

    Reply

    • 10/07/2015 @ 10:16 am Benny Rhamdani

      enakeun kemah di sana. Bisa lihat bandung malam hari dan paginya bisa lihat lautan awan 🙂

      Reply

  2. 10/07/2015 @ 1:14 pm Eva Sri Rahayu

    Saya belum pernah ke dua tempat itu, Kang. Jadi kepengin sekali-kali kemping sekeluarga ke sana ^_^

    Reply

    • 10/08/2015 @ 6:58 am Benny Rhamdani

      iya setahun sekali mah atuh kemping. Buat membuktikan kita teh masih kuat 🙂

      Reply

  3. 10/07/2015 @ 7:37 pm Rinrin Irma Rahmawati

    belum pernah nyobain sih kemping di Ciwangun maupun di Bukit Bintang. Ke Cartil juga gak nyampe… nafas saya keburu ngos-ngosan hihi. Sekali-kali kemping keluarga ah… eh, atau adain kemping bareng blogger, kang? 😀

    Reply

  4. 10/08/2015 @ 2:26 pm Tian Lustiana

    Sesekali pengen ajakin Marwah kemping aaah, makasih kang info nya

    Reply

    • 10/08/2015 @ 3:04 pm Benny Rhamdani

      paling enak memang mengajak anak cinta alam dengan kemping sejak dini 🙂

      Reply

  5. 10/09/2015 @ 9:39 am Widya Herma

    Widya belum pernah ke bukit bintang tapi pernah ke Ciwangun Indah Camp. Nanti mau coba ke Bukit Bintang juga ah 😀 Makasih referensinya kang 😀

    Reply

  6. 10/09/2015 @ 9:49 am Nathalia DP

    pengen ih nyobain ke bukit bintang…

    Reply

  7. 10/09/2015 @ 6:41 pm Noniq

    Bukit Bintang teh mananya Bukit Moko ya? Sama-sama lewat Cartil kan ya…

    Reply

    • 10/11/2015 @ 7:45 am Zahra Rabbiradlia

      Nah itu dia, Bukit Moko itu Bukit Bintang?
      Aku baru sampe Cartil nih, belum ke atas lagi. Kalau ke CIC udah pernah.

      Reply

    • 10/15/2015 @ 7:01 am Benny Rhamdani

      Maih satu area. Bukit BIntang mah ada monumen bintangnya 🙂

      Reply

      • 11/24/2015 @ 4:11 pm Fandi

        Tolong kirimin gambar tenda yg disewain di puncak bintang Bandung donk,
        Sewanya kena brp ya???

        Reply

  8. 10/16/2015 @ 11:48 am Evi Sri Rezeki

    Jadi pengin kemping 🙂

    Reply

  9. 01/22/2016 @ 5:57 pm Adit

    Tenda di bukit bintang bisa di sewa?

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloBandungku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool