Kuliner Buah Batu Bandung

Beragam Kuliner Spesial di Jalan Buah Batu Bandung

Jalan Buah Batu merupakan ruas jalan yang cukup ramai di Kota Bandung, khususnya di Bandung bagian selatan. Bagaimana tidak, di sepanjang jalan yang biasa disingkat menjadi Bubat ini terdapat beberapa sekolah, supermarket, bank, toko pakaian, hingga berbagai macam kuliner. Akses menuju jalan tol juga mudah, yaitu melalui gerbang tol Buah Batu.

Nah, bagi Ezytravellers yang sedang jalan-jalan ke Bandung dan kebetulan melewati Jalan Buah Batu, tidak perlu khawatir kelaparan. Bisa dikatakan bahwa Buah Batu merupakan salah satu pusat kuliner di Kota Bandung. Restoran fast food-nya saja cukup banyak. McDonald’s, KFC, Richeese Factory, Hoka Hoka Bento, Pizza Hut, dan Domino’s Pizza, semuanya membuka cabang di Jalan Buah Batu. Ingin mencicipi jajanan pinggir jalan khas Bandung? Ezytravellers bisa mampir ke area kaki lima di depan Toserba Griya. Jajanannya cukup lengkap. Mulai dari batagor, cimol, cilok, jamur crispy, lumpia basah, hingga seblak basah, semuanya ada. Tetapi, kalau Ezytravellers ingin menikmati makanan yang lebih spesial, saya sarankan untuk mampir di salah satu restoran ini.

Mi Bakso Bintang Avon

Merupakan salah satu mi bakso favorit keluarga saya. Letaknya berada di Jalan Buah Batu No. 1, seberang Radio MGT. Tempat ini merupakan cabang dari Mi Bakso Bintang Avon yang berada di Jalan Ahmad Yani. Namanya diambil dari nama kantor Avon yang berada di Jalan Naripan. Karena pada mulanya (tahun 1991), Pak Maryono memulai usaha bakso ini dengan menggunakan gerobak di depan kantor Avon.

Menunya, apa lagi kalau bukan mi, bakso, dan kawan-kawannya. Minya lembut, baksonya enak, dan bahan pelengkapnya pun sangat bervariasi. Selain bakso sapi, Ezytravellers bisa menambahkan bakso ikan, pangsit, tahu, siomay, babat, dan ceker, tergantung selera masing-masing. Semuanya hasil produksi sendiri. Seakan belum cukup, minya pun dilengkapi dengan sayuran, taburan ayam suwir, dan kuah kaldu yang gurih. Mantap deh. Tips dari saya, jangan lupa tambahkan sambal bawangnya yang sangat khas. Tidak terlalu pedas, tapi aromanya begitu sedap dan mampu membuat kuah baksonya menjadi semakin lezat.

Mi Bakso BIntang Avon

Mi Kuah Bakso Ceker

Kedai Aceh Cie Rasa Loom

Apabila Ezytravellers sedang ingin menikmati sajian khas Aceh, silakan datang ke Jalan Buah Batu No. 154. Lokasinya tidak jauh dari perempatan Jalan Buah Batu dan Jalan Lingkar Selatan.

Semua menunya recomended. Favorit saya sih Mi Rebus Seafood. Bisa cumi, udang, atau kepiting (kalau mau sedikit repot). Minya lembut dan kenyal. Rasanya gurih dan hangat berkat bumbu rempah khas Aceh. Taburan seafood-nya juga melimpah. Puas deh, apalagi disantap bersama pelengkapnya (timun, bawang merah, dan emping). Sedangkan minumannya, saya biasa memesan Teh Tarik Panas atau Es Timun, tergantung cuaca. Kalau ingin yang agak ringan, Ezytravellers bisa memilih roti cane atau martabak.

Cie Rasa Loom

Mi Rebus Seafood (Sumber: panduanwisata[dot]id)

Madame Sari

Ezytravellers tentu sudah mengenal Kartika Sari. Pisang bolennya selalu menjadi oleh-oleh andalan dari Kota Bandung. Saya saja yang orang asli Bandung, tidak pernah merasa bosan menikmati pisang bolen dari Kartika Sari.

Sejak tahun 2003, Kartika Sari juga mempunyai restoran loh. Namanya Madame Sari. Kalau di cabang Buah Batu, tepatnya di Jalan Buah Batu No. 165A, posisinya berada di bagian depan toko. Menunya sangat beragam, mulai dari masakan tradisional khas Nusantara seperti Nasi Goreng, hingga beberapa masakan negara tetangga seperti Tom Yam dan Steak. Kebetulan saya sudah pernah mencoba hampir semua makanannya, tidak ada yang mengecewakan. Kwetiau Goreng, Nasi Capcay, dan Fettuccine Carbonara merupakan beberapa menu favorit saya. Pssst, karena berada di toko kue, sambil menunggu pesanan, bisa tuh ngemil pie buah atau tiramisu dulu, hihihi….

Madame Sari

Kwetiau Goreng Seafood (Sumber: sharontravelogue[dot]com)

Warunk Upnormal

Belum kekinian kalau belum datang ke sini. Apalagi di Bandung, cabangnya banyak sekali. Termasuk di Jalan Buah Batu No. 201A, dekat Jalan Kliningan. Tempatnya selalu ramai dikunjungi oleh anak-anak muda. Berhubung saya masih berjiwa muda, jadi masih pantas lah nangkring di warung yang suasananya sangat gaul ini, hehehe….

Menu utamanya yaitu kopi, susu, indomie, dan roti bakar. Biasa banget ya? Tapi disajikan dengan cara yang tidak biasa. Sebagai contoh, lihat saja pilihan menu indomienya. Ezytravellers bisa memilih indomie dengan taburan kikil, daging ayam, daging sapi, hingga saus telur asin, atau sambal lombok hijau. Kalau saya sih suka Roti Bakar Green Tea dan Susu Hazelnutnya. Dessert-nya juga seru-seru loh.

Warunk Upnormal

Vanilla Treasure

Soto Ahri

Perkenalan saya dengan kuliner asal Garut ini awalnya tidak disengaja. Waktu itu, saya sedang mempunyai keperluan ke Borma Buah Batu. Ternyata di sebelahnya, Jalan Buah Batu No. 235, terdapat sebuah warung soto.

Tempatnya memang kecil dan sederhana. Tapi sotonya, hmmm, Ezytravellers coba sendiri deh. Potongan dagingnya besar dan teksturnya begitu lembut. Kuahnya kuning, pekat, dan gurih tanpa bahan penyedap buatan. Semakin segar dengan tambahan perasan jeruk nipis dan cabai bubuk. Rupanya usaha soto ini merupakan warisan turun-temurun dari sang kakek (H. Ahri) sejak tahun 1943 di Garut. Wow!

Soto Ahri

Soto Daging (Sumber: panduanwisata[dot]id)

The Harvest

Sama seperti Kartika Sari, The Harvest juga merupakan toko kue yang memiliki restoran. Letaknya berada di Jalan Buah Batu No. 262. Tempatnya asyik, Ezytravellers bisa menyantap makanan atau camilan dari The Harvest di balkon.

Pilihan menunya cukup banyak, mulai dari Fench Fries, Pizza, hingga Sop Buntut. Saya memang tidak sering datang ke sini, tapi jujur saya ingin sekali makan di sini lagi untuk menikmati Lasagnanya yang enak banget. Plus penasaran juga dengan Fried Mozzarella dan Chocolate Meltednya.

The Harvest

Lasagna

Sebenarnya, masih banyak ragam kuliner di Jalan Buah Batu ini, seperti Soto Kudus Grup Menara, Pino Pizza, dan lain-lain. Tapi saya belum sempat mencoba semuanya. Apabila Ezytravellers mempunyai informasi kuliner lain di Jalan Buah Batu dan sudah mencobanya, ceritakan ya kesan-kesannya 🙂

Beragam Kuliner Spesial di Jalan Buah Batu Bandung
5 (100%) 1 vote
(Visited 11,743 times, 22 visits today)


About

Mom blogger. Food and book lover. Email: sweet_donath@yahoo.com ;)


'Beragam Kuliner Spesial di Jalan Buah Batu Bandung' have 10 comments

  1. 10/22/2015 @ 9:10 pm Nia K. Haryanto

    Aduh jadi pengen mie Aceeeeeh. Dulu waktu masih kerja kantoran, hampir tiap hari ke Mie Aceh. Madam Sari dan soto Ahri juga kangen. Ihiks… Jalan Buah Batu, jalan penuh sejarah 😀

    Reply

    • 10/25/2015 @ 7:03 am Nathalia Diana Pitaloka

      wah, kerja di mana gitu teh? klo saya pas msh kerja dulu (di dago) langganannya ke madame sari dago & gampoeng aceh 😀

      Reply

  2. 10/23/2015 @ 7:21 pm Euisry Noor

    Aku terbilang jarang jlan2 ke Bubat, meski tadi sih iya, lewat doang :D. Duh, pengen nyicip Soto Ahri… Penasaran juga sama lasagna yg terakhir *laper mode on.

    Reply

  3. 10/24/2015 @ 6:17 am Erna F. R.

    Panduan keren nih. Jadi ada tambahan alternatif tempat jajan yang enggak jauh amat dari Metro. Trims yak 🙂

    Reply

  4. 10/25/2015 @ 12:48 pm turiscantik

    wow bikin ngileeer

    Reply

  5. 10/26/2015 @ 7:25 pm Yas Marina

    Gambar dan reviewnya mantaap… Sukses bikin kabita hahaha….

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloBandungku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool