Rumah Batik Lembang Bandung

Belajar Membatik di Rumah Batik Lembang Bandung

Batik merupakan kekayaan Indonesia yang tidak ternilai. Sejarah mencatat, Indonesia telah membuat batik sejak zaman kerajaan Majapahit. Tentunya batik disini adalah batik tulis. Batik cap sendiri mulai produksi pada tahun 1920an. Kain batik populer karena cukup fleksibel untuk Ezytravellers pakai dalam acara formal maupun non formal. Corak batik yang khas dengan berbagai warna yang dekat dengan alam, membuat kain batik disenangi kaum muda maupun tua. Warisan turun temurun nenek moyang kita ini telah menginspirasi berbagai kalangan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Corak batik bermacam-macam mulai dari batik kraton, batik sida mukti, batik sekar jagad, dan banyak lagi. Bicara mengenai batik, Bandung punya motif batik khas sendiri, salah satunya produksi Rumah Batik Lembang.

Rumah Batik Lembang berdiri pada tahun 1996, sejak dicanangkannya batik nasional oleh bapak Presiden SBY. Bapak Iyan adalah pemilik Rumah Batik Lembang. Rumah Batik Lembang tercipta karena kecintaan dan hobi bapak Iyan mengoleksi kain batik. Hobi ini kemudian berkembang menjadi menjadi keinginan untuk membuat bisnis dalam memproduksi dan memarketkan batik sendiri.

Tidak tanggung-tanggung, bapak Iyan dari Rumah Batik Lembang ini membuat desain batiknya sendiri. Uniknya, tema batik diambil dari ciri khas Bandung Barat, tempat bapak Iyan bernaung. Seperti apa saja desain batiknya? Ada Batik Bosscha yaitu nama yang diambil dari Observatorium Bosscha, salah satu tempat peneropongan bintang tertua di Indonesia yang dibangun oleh Hindia Belanda. Batik unik lainnya adalah Batik Legenda, batik yang menceritakan tentang legenda Tangkuban Perahu, kisah Dayang Sumbi dan Sangkuriang. Dan corak batik dari Rumah Batik Lembang, Bandung ini akan terus bertambah variasinya setiap saat.

Batik Lembang

Motif batik di Rumah Batik Lembang | sport(dot)viva(dot)co(id)

Selain memproduksi kain batik, Rumah Batik Lembang juga menyediakan pakaian jadi berupa kemeja dan tas dengan motif batik. Khusus untuk tas motif batik ini, bapak Iyan bekerjasama dengan pengrajin tas dari Garut.

Batik Lembang

Melihat proses membatik di Rumah Batik Lembang | sport(dot)viva(dot)co(id)

Jika Ezytravellers penasaran bagaimana pembuatan batik, Ezytravellers bisa mengintip prosesnya di Rumah Batik Lembang, Bandung. Mulai dari mencuci bahan kain batik yaitu kain mori, membuat pola di atas kain mori, menorehkan malam pada kain mori, dengan cara menjiplak atau kemudian melukisnya dengan canting, proses penyelupan kain ke cairan warna sehingga menghasilkan warna-warna sesuai desain, melepaskan malam pada kain dengan memasukkannya ke dalam air mendidih, dan lain sebagainya. Ezytravellers juga bisa belajar membatik atau belajar mendesain kain batik. Seru, kan?

Batik Lembang

Belajar membatik di Rumah Batik Lembang, Bandung | sport(dot)viva(dot)co(id)

Ezytravellers termasuk kolektor batik? Segera saja pesan tiket ke Bandung dan meluncur ke Rumah Batik Lembang di Jl. Maribaya no. 64 A Lembang, Bandung.

Produksi Rumah Batik Lembang, Bandung ini juga sudah mendunia lho! Jerman, Malaysia, dan Amerika termasuk konsumen batik dari Rumah Batik, Lembang, Bandung. Wah, Ezytravellers jangan kalah cinta sama negara lain dong. Yuk, Ezytravellers pakai batik!

Belajar Membatik di Rumah Batik Lembang Bandung
3 (60%) 2 votes
(Visited 1,255 times, 1 visits today)


About

Blogger | Author | Entrepreneurship, but more than that, i'm a fantasy person


'Belajar Membatik di Rumah Batik Lembang Bandung' have 5 comments

  1. 11/05/2015 @ 2:34 pm Nia K. Haryanto

    Wah…. ada ya yang begini? Aku baru tahu ih. Pengen ke sana deh…

    Reply

  2. 11/07/2015 @ 3:57 pm Nathalia Diana Pitaloka

    ternyata di lembang ada yah rumah batik keren begini…

    Reply

  3. 11/09/2015 @ 4:47 am rahmiaziza

    Waah asyik ya jadi pengen belajar membatik nih

    Reply

  4. 11/09/2015 @ 8:15 am Hastira

    wah abru tahu nih

    Reply

  5. 11/09/2015 @ 4:19 pm Akarui Cha

    Wahh ternyata di Bandung juga ada rumah batik. Asik ya.

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloBandungku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool