Rebo Nyunda

Asyiknya Rebo Nyunda di Kota Bandung

Saat ini, setiap hari di kota Bandung memiliki berbagai tema yang berbeda-beda.

Program asyik ini merupakan salah satu elemen pendukung dari Program Bandung Juara yang dibuat oleh Walikota Bandung, Bpk. Ridwan Kamil, dan bertujuan untuk membuat warganya lebih mencintai Kota Bandung.

Adapun tema hari yang dicanangkan setiap harinya adalah: Senin Bis Gratis, Selasa Tanpa Rokok, Rebo Nyunda, Kamis Inggris, Jumat Sepeda, Sabtu Culinary Night dan Minggu Car Free Day.

Tema yang diusung setiap harinya terasa unik, dan warga Bandung pun dengan penuh semangat turut berpartisipasi untuk menjalankan program tersebut.

Tapi dari semua tema hari di kota Bandung, menurut Saya Rebo Nyunda merupakan tema asyik yang paling unik untuk dibahas dan cukup berkesan di hati sanubari.

Apabila Ezytraveller berkunjung ke kota Bandung pada hari Rabu, maka Ezytraveller akan menyaksikan sendiri para siswa sekolah di kota Bandung mulai dari TK, SD, SMP sampai SMA yang mengenakan pakaian khas Sunda yaitu, kebaya + batik untuk putri dan baju pangsi + ikat kepala untuk putra.

Mereka terlihat unyu dan menggemaskan.

Rebo Nyunda

anak bungsu saya yang masih TK wajib memakai baju pangsi setiap hari Rabu

Dengan dijalankannya program seperti ini, diharapkan para siswa sekolah dapat lebih memahami dan mencintai budaya Sunda yang semakin hari sudah semakin tergerus.

Bahkan untuk mendukung program #ReboNyunda di sekolah anak saya, mulai menjalankan program “Kaulinan Sunda”, yaitu memperkenalkan permainan khas Sunda kepada anak-anak.

Rebo Nyunda

Senang sekali ketika mengetahui bahwa anak saya diajarkan tentang permainan boy-boyan karena merupakan permainan favorit saya banget ketika masih jadi anak gang…halah..

Rebo Nyunda

Permainan Babalonan Sarung juga membawa kenangan indah di masa kecil saya, ketika kami baru pulang shalat maghrib di Mesjid, dan kemudian saling melempar sarung kami masing-masing. Maklumlah, namanya juga anak gang. Seru!

Rebo Nyunda

Rebo Nyunda

Tujuannya tentu saja, agar supaya anak-anak kita tidak terbius oleh kemajuan teknologi dan hanya mengenal gadget, tapi juga turut memahami dan mencintai budaya dan permainan Sunda tempoe dulu.

Rebo Nyunda

Sebagai anak generasi 90-an (saat masih belum terciptanya smartphone ataupun berbagai macam games), saya tumbuh besar dan cukup bahagia dengan berbagai permainan seperti paciwit-ciwit lutung, jejengkolan, ucing kup, cingciripit dan berbagai permainan asyik lainnya.

Rebo Nyunda

Memang harus diakui bahwa, permainan jaman dahulu sangat kaya dengan unsur imajinasi dan kerja sama sehingga dapat membentuk kepedulian dengan sesama teman.

Setiap hari Rabu, apabila Ezytraveller mencoba untuk search di twiter dengan hashtag #ReboNyunda maka warga Bandung akan beramai-ramai men-tweet dengan berbahasa Sunda.

Rebo Nyunda

sumber ; @infobdg

Bahkan yang lebih keren adalah hashtag #ReboNyunda pun telah beberapa kali menjadi trending topik!

Banyak akun terkenal di kota Bandung yang rutin men-tweet berbagai informasi penuh manfaat tentang budaya Sunda, atau hanya sekedar tweet konyol bobodoran untuk mendukung program #ReboNyunda, seperti @infobdg misalnya.

Rebo Nyunda

Rebo Nyunda

sumber : @infobdg

Mudah-mudahan dengan adanya program #ReboNyunda ini, warga Bandung bisa lebih mencintai budaya Sunda yah!

Rebo Nyunda

bobodoran urang Bandung di #ReboNyunda. Artinya : OTW, yaitu perkataan yang diucapkan oleh seseorang yang janji datang jam berapa, tapi sampainya gak tahu kapan. Siapa tuuuh! Sumber : @infobdg

Asyiknya Rebo Nyunda di Kota Bandung
5 (100%) 3 votes
(Visited 1,701 times, 2 visits today)


About

Erry adalah seorang mommy blogger yang lebih dikenal di dunia maya dengan nama Bibi Titi Teliti. Ia juga merupakan seorang penggemar drama Korea dan saat ini mengelola blog di http://www.bibi-titi-teliti.com/ Erry bisa dihubungi via email di : erryandriyati@gmail.com


'Asyiknya Rebo Nyunda di Kota Bandung' have 3 comments

  1. 11/04/2015 @ 2:24 pm Benny Rhamdani

    lalucu ya kalo anak-anak mah

    Reply

  2. 11/04/2015 @ 5:46 pm Nia Haryanto

    Aduh, meni isin. Tos jarang nyarios basa sunda, yeuh 🙁

    Reply

  3. 11/05/2015 @ 10:06 am Nathalia Diana Pitaloka

    keren banget ih sekolahnya… seru!

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloBandungku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool