8 Makanan dan Minuman Khas Bandung Selatan

Ezytravelers, sudahkah kalian travelling ke tempat-tempat wisata yang ada di Bandung Selatan? Pasti sudah! Kawah Putih, Situ Patenggang, Situ Cileunca, dan berbagai tempat wisata yang berbau-bau alam yang indah, memang cukup banyak dan sangat menggoda untuk kalian kunjungi di Bandung Selatan. Tak hanya itu saja, makanan dan minuman yang unik dan khas yang ada di Bandung Selatan juga pasti membuat kalian para travellers, selalu kangen untuk mengunjungi tempat-tempat wisata alam di Bandung Selatan ini.

Dari sekian banyak makanan dan minuman khas yang bisa dicicip dan dijadikan oleh-oleh travelling dari tempat-tempat wisata yang ada di Bandung Selatan, berikut ini ada 8 macam makanan yang tidak boleh kalian lewatkan saat berkunjung ke sana. Apa sajakah itu?

Kalua Jeruk
Kalian yang sering berwisata ke daerah Ciwidey, pasti tahu makanan yang satu ini. Ya, makanan manis hasil produksi masyarakat Ciwidey ini memang sangat khas. Selain karena terbuat dari kulit jeruk yang seharusnya merupakan limbah/sampah, kalua jeruk ini juga asli berasal dari Ciwidey. Kalau pun kalian menemukannya di tempat lain, dibuatnya pasti di Ciwidey atau oleh orang Ciwidey.

Kalua jeruk

Kalua jeruk

Pembuatan kalua jeruk sebenarnya cukup mudah. Kulit jeruk bali yang sudah dipotong-potong akan direndam semalam di dalam air kapur sirih. Tujuannya adalah untuk menghilangkan rasa pahit yang ada pada kulit jeruk bali tersebut. Setelah direndam semalaman, potongan-potongan kulit jeruk bali tersebut lalu dibersihkan dengan air dan direbus air mendidih. Barulah, setelah perebusan dengan air mendidih beberapa kali dilakukan, kulit jeruk bali tersebut dicampur dengan gula merah (gula aren) atau gula putih dan juga pewarna makanan. Dan akhirnya, beraneka warna kalua jeruk siap untuk disantap. Ada kalua jeruk rasa original (gula arena), rasa stroberi (merah), rasa sirsak (hijau), hingga rasa durian (kuning).

Bandrek Abah
Bandrek memang merupakan minuman tradisional khas tanah sunda. Tak terkecuali dengan Ciwidey. Di daerah pegunungan yang sejuk ini, bandrek malah sangat popular. Selain karena rasanya yang cocok untuk dinikmati di tempat bercuaca dingin, bandrek Ciwidey terkenal karena memiliki Bandrek Abah. Ya, Bandrek Abah. Bandrek yang berdiri sejak tahun 1982 ini dipelopori oleh seorang kakek (alm.) yang dikenal dengan sapaan ‘Abah’. Bandrek Abah terbuat dari 100% bahan-bahan alami, yaitu gula aren, lada (Piper nigrum Linn), jahe (Zingiber officianale Rosc), dan rempah-rempah lainnya.

Bandrek abah

Bandrek abah

Bandrek Abah tersedia dalam berbagai bentuk dan kemasan. Dari mulai kemasan sachet rencengan hingga kemasan botol sirup kental yang siap diencerkan. Cara penyajiannya mudah. Kalian hanya perlu menambahkan 200 cc air panas/hangat pada 2-3 sendok makan Bandrek Abah di dalam gelas. Penambahan kuning telur, susu, serutan kelapa muda, atau pun krimer akan semakin menambah cita rasanya.

Borondong
Borondong merupakan salah satu makanan yang dihasilkan masyarakat Majalaya. Jika kalian sudah tahu, kalian pasti setuju jika borondong itu adalah nama lain dari caramelized pop corn atau juga crispy treats. Tapi tak cuma jagung, di Majalaya, bahan yang dipakai untuk membuat borondong juga adalah beras.

Borondong Majalaya

Borondong Majalaya

Borondong Majalaya ini cukup unik. Bentuknya yang beraneka ragam membuatnya mudah untuk dikenali. Dari mulai yang berbentuk bola tenis, bola sepak, hingga berbentuk potongan-potongan balok. Rasanya juga enak dan gurih. Karamel gula merah atau gula putihnya begitu kerasa dalam setiap gigitannya.

Dodol Susu, Permen Susu, dan Kerupuk Susu
Di Pangalengan, yang notabene merupakan kawasan peternakan sapi, susu sapi sangat berlimpah. Karena untuk dikonsumsi sebagai susu murni, susu UHT, dan bentuk susu lainnya jumlah susu-susu ini tetap banyak, maka masyarakat Pangalengan mengolahnya menjadi bentuk lain. Tujuannya tentu agar susu yang tidak digunakan untuk minuman, tidak basi. Bentuk-bentuk olahan susu sapi ini misalnya saja adalah dodol susu, permen susu, dan kerupuk susu.

Permen susu

Permen susu

Dodol susu hampir mirip dengan permen susu. Bedanya hanya ada pada teksturnya. Dodol susu itu lunak dan permen susu sedikit lebih keras. Hal ini terjadi karena pengolahan dodol susu yang lebih sebentar dibandingkan permen susu. Ada pun permen susu, itu dibuat hingga susu dan gula membentuk karamel. Sedangkan kerupuk susu dibuat dari hasil memanfaatkan susu yang tak memenuhi standar kualitas (susu pecah).

Opak
Opak juga merupakan makanan khas tradisional di hampir semua daerah di Jawa Barat. Di Bandung Selatan, opak yang cukup terkenal dan punya rasa yang enak adalah Opak Bojongkunci. Makanan yang bentuknya seperti kerupuk tetapi terbuat dari beras ketan ini rasanya renyah dan gurih. Opak buatan warga Kampung Sukamanah, Desa Bojongkunci, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Bandung ini sudah ada sejak tahun 1985.

Opak

Opak

Ubi Arnet
Tahukah kalian dengan Ubi Cilembu? Jika sudah, kalian tentu tahu seperti apa rasanya. Nah, jika Sumedang memiliki ubi cilembu, maka Bandung Selatan memiliki Ubi Arnet. Tidak jauh berbeda dengan ubi cilembu, ubi arnet pun rasanya cukup manis. Dengan hanya dibakar saja, ubi arnet sudah bisa kalian nikmati dengan nikmat. Tempat penghasil ubi arnet itu sendiri ada di daerah Banjaran, Kabapaten Bandung, Jawa Barat.

Ubi arnet

Ubi arnet

Itulah 8 macam makanan dan minuman khas Bandung Selatan yang bisa kalian cicipi dan dijadikan oleh-oleh ketika berwisata ke Bandung Selatan. Pastikan kalian tidak melewatkannya. Tapi jika kalian tak sempat berkunjung ke Bandung Selatan, makanan dan minuman ini juga banyak tersedia di toko-toko oleh-oleh khas Bandung secara umum. Pokoknya, cicipi semuanya, ya!

8 Makanan dan Minuman Khas Bandung Selatan
5 (100%) 1 vote
(Visited 2,375 times, 1 visits today)


About

Blogger | Freelance Writer | Ghost Writer | Editor


'8 Makanan dan Minuman Khas Bandung Selatan' have 9 comments

  1. 10/22/2015 @ 7:50 pm Rahmah

    Mak, aku mau permen susu nya 🙂

    Reply

  2. 10/23/2015 @ 8:15 am diba

    Opaknya beda sama yg aku tau di Jogja..

    Reply

  3. 10/23/2015 @ 9:44 am Widya Herma

    Abdi hoyong borondong ih teh. Duh gusti abdi teu acan pernah nyobian borondong padahal urang Bandung 🙁 Makasih informasinya teh 😀

    Reply

  4. 10/23/2015 @ 12:12 pm Ila Rizky

    ada juga opak di bandung ya, mba? 😀 di sini juga ada hihi. kalo ubi arnet belum pernah makan 😀

    Reply

  5. 10/23/2015 @ 2:49 pm prajuritkecil99

    waaah, kelihatannya enak-enak nih..
    makan borondong sambil minum bandrek abah. sedaaap! 😀

    Reply

  6. 10/24/2015 @ 1:09 pm izna

    Saya suka banget sama bandrek Abah

    Reply

  7. 10/24/2015 @ 5:34 pm Euis Sri Nurhasanah

    Menarik2 ya oleh2 khasnya. Aku pernah tuh beli permen & kerupuk susu sewaktu study tour ke Pangalengan jaman mahasiswa *ih, udah lama banget.

    Reply

  8. 11/01/2015 @ 9:11 am Nathalia Diana Pitaloka

    suka semuanya… tp paling doyan permen susu 😀

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloBandungku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool