10 Menu Sarapan Khas Bandung

10 Menu Sarapan Khas Bandung

Happy Monday, Ezytravellers! Hidup di Bandung masih kurang berkesan kalau kita belum mencoba menu sarapan khas Bandung. Umumnya mau jam berapa saja, di Bandung tersedia banyak jenis makanan baik di kaki lima ataupun restoran; mulai dari Asia sampai menu Eropa. Namun khusus kali ini, saya mau membagikan khusus kuliner pagi yang Bandung banget!

Karena memang seni santap pagi di Bandung ini cukup unik, beberapa penjual yang saya kenal cukup segmented, layaknya layanan di hotel di Bandung, jadi kalau kita belinya sudah lewat jam sarapan, maka beberapa penjual tersebut sudah ngilang alias tidak berjualan – bisa karena makanannya sudah ludes habis terjual atau karena dia sudah berganti menu untuk makan siang. Hihi.

So, berikut adalah 10 Kuliner Pagi khas Bandung, jangan bilang sudah ke Bandung kalau belum mencoba makan-makanan ini ya…

1. KUPAT TAHU

HelloBandungku Kupat Tahu

Kupat Tahu | Sumber Wikipedia

Nah, ini salah satu bintang utama menu sarapan di Bandung, buat saya kupat tahu ini selalu ngangenin. Makanannya sederhana, berisikan potongan tahu goreng, potongan lontong/ketupat, beberapa jumput tauge yang kemudian dibalur saus kacang. Level pedasnya, secara standar, biasanya kita bilang: ngga pedes, sedang, dan pedas. Dengan harga minimal Rp 5.000,  kupat tahu sangat mudah didapat, mau yang buatan kaki lima hingga restoran, mudah dicari.

Rekomendasi: Kupat tahu Cicendo dan Kupat tahu Gempol (Pasar Gempol).

2. BUBUR AYAM

HelloBandungku Bubur Ayam

Bubur Ayam | Sumber eatlovers

Bubur ayam Bandung disajikan dengan suwiran ayam, potongan cakue, taburan daun bawang, kecap asin dan kacang goreng. Katanya sih, bedanya dengan bubur ayam Jakarta, bubur ayam Bandung tidak dibanjiri kuah kaldu, sehingga rasanya lebih asli. Tapi, silakan saja pilih sesuai selera masing-masing. Dengan kisaran harga paling murah yang saya tau Rp. 5000,-/porsi.

Rekomendasi: Bubur Ayam Pak Zaenal (Jalan Dago nomer 244), Bubur Ayam Mang Oyo (Jl. Sulanjana No. 30), Bubur Ayam H. Amid (Jl. Arjuna), Bubur Ayam Pelana (Jl. Pelana), Bubur Ayam Bejo (Jl. Baranang Siang).

3. NASI KUNING

HelloBandungku Nasi Kuning

Nasi Kuning Bandung | Sumber mbandung

Makan nasi kuning di Bandung? Bukan berarti tumpengan setiap hari, tapi karena memang paling nikmat menyantap nasi kuning yang dihidangkan dengan irisan telur dadar/telur bulat balado (bisa pilih), tempe manis kering, kacang goreng, ditambah ketimun, tomat, kemangi dan sambal oncom. Minumnya? Teh tawar donk! Dengan harga sekitar Rp. 10.000,- bukan hanya nikmat tapi nasi kuning di pagi hari memberikan cukup energi untuk mendukung aktivitas kita hingga nanti jam makan siang.

Rekomendasi: Nasi Kuning Pasir Koja, Nasi Kuning Sumur Bandung, Nasi Kuning Saparua, Nasi Kuning Pungkur.

4. LOTEK

HelloBandungku Lotek Bandung

Lotek Bandung | bandung panduanwisata id

Merupakan makanan berupa beberapa jenis sayuran rebus (kentang, wortel, kangkung, kol, buncis, labu siam dan kacang panjang) yang disajikan dengan bumbu kacang dan kerupuk. Biasanya sih, beberapa orang masih menambahkan nasi ketika menyantap makanan ini. Dengan harga sekitar Rp. 7.000-10.000/porsi (harga kaki limanya), lotek bisa dimasukkan ke menu makanan sehat yang sedap!

Rekomendasi: Lotek Herry thea (buah batu no. 147), Lotek Ramdan (di jalan moh ramdan), Lotek Mahmud (jalan mahmud), Lotek Jl. Macan, Lotek Jl.Sabang, Lotek Kalipah Apo.

5. KAREDOK

HelloBandungku Karedok Bandung

Karedok Bandung | sumber bacamoe

Makanan ini serupa dengan lotek, bedanya, bahan-bahan sayuran karedok (mentimun, taoge, kol, kacang panjang, leunca, daun kemangi, dan terong) disajikan mentah, sausnyapun masih sama, bumbu kacang. Mau rebusan atau mentah? Silakan dipilih sesuai selera tanpa mengurangi kenikmatannya masing-masing. Kisaran harga Rp. 10.000/porsi.

Rekomendasi: Karedok Setan Paladio (Jl. Sudirman) dan Rujak Ulek Karedok (Jl. Moh. Toha).

6. LONTONG KARI

HelloBandungku Lontong Kari Bandung

Lontong Kari Bandung | Sumber satyawinnie

Walaupun kari identik dengan masakan India, namun kari Bandung juga punya rasa kekhasannya sendiri yang patut dicoba. Satu porsinya berisi lontong, irisan daging sapi, kulit/kikil, serta jeroan lalu dibanjiri kuah gulai berwarna kuning. Dressing akhirnya berupa taburan bawang, kacang kedelai goreng dan kerupuk. Rasanya lekoh, gurih bercampur dengan perpaduan manis pedas. Kisaran harganya Rp. 15.000,-.

Rekomendasi: Lontong kari Jalan Pangarang, Lontong kari Kang Damon (Jl A. H. Nasution), Lontong Kari Kebon Karet.

7. Baso tahu Siomay

HelloBandungku Baso tahu Bandung

Baso tahu Bandung | Sumber Flickr

Nah, ini salah satu favorit saya. Menunya simple; baso tahu (ini jadi satu lho ya, bukan baso dan tahu, hehe) dan siomay ikan yang disiram kecap manis dan sambal kacang. Harganya cukup variatif dari Rp 1000,-/biji.

Rekomendasi: Raja Baso Tahu Saboga, Siomay Bandung (Dago), Siomay Tahu Ikan Pak Ade (Jl. Ternate).

8. Batagor

HelloBandungku Batagor Bandung

Batagor Bandung | Sumber tokomesin

Kependekan dari baso tahu goreng, jelas beda banget dengan baso tahu yang dikukus. Hampir semua yang pernah ke Bandung pasti tau namun sering makan juga, ngga? Disajikan hampir serupa dengan baso tahu; sambal kacang dan kecap. Menu makanan yang tergolong Bandung banget ini dicintai oleh mayoritas segenap warga Bandung. Kisaran harganya masih ada yang Rp. 2.000,-/biji (tapi kecil), standarnya Rp. 7.000/biji.

Rekomendasi: Batagor Yunus (Jl. Kopo), Batagor Darto (Jl. Simpang Dago), Batagor Burangrang (Jl. Burangrang), Batagor Raja (Jl.Dr. Otten), Batagor Lucky (Jl. Dr. Setiabudhi).

9. Yamien Bandung

HelloBandungku Yamien Bandung

Yamien Bandung | Sumber Bandung PanduanWisata

Atau disebut juga mie ayam Bandung. Menurut saya mie Bandung lebih padat, kenyal, sehingga rasanya lebih full, belum lagi citarasa bumbunya lebih kuat baik gurih dan manisnya. Di Bandung, pada umumnya yamien yang disajikan dengan irisan ayam disediakan dalam dua rasa; asin dan manis. Lalu tambahannya kita akan diberikan semangkok lain berisi kuah kaldu dan bakso (serta sayur-sayuran seperti sawi). Artinya kita bebas bagaimana memperlakukan kaldunya. Mau dituang semuanya atau sedikit-sedikit, atau kuahnya hanya kita seruput terpisah. Saya sih sukanya menuangkan kuahnya beberapa sendok ke mangkok yamien biar mienya agak lembek sedikit dan ada resapan rasa kaldu dalam mienya. Nikmat banget! Kisaran harganya Rp. 15.000 and up.

Rekomendasi: Bakmi Naripan, Bakmi Raos, Bakmi Linggarjati, Bakmi Parahyangan, Bakmi Baso Akung

10. Aneka Gorengan

HelloBandungku Bala-bala Bandung

Bala-bala Bandung | Sumber Bandoenglover

Pernah dengar lagu Bala-bala Gorengan ala Sule? Nah, bala-bala merupakan jenis gorengan favorit saya di Bandung. Biasanya berisi irisan irisan wortel, kubis, dan tauge yang dicampur dalam adonan tepung terigu dan digoreng. Masa hanya makan bala-bala? Nah, biasanya bala-bala ini dimakan bareng lontong atau nasi panas. Itu sih standarnya. Namun berhubung saya nulis judul poin ini adalah aneka gorengan, maka bisa ditambah dengan combro (berisi adonan parutan singkong, sambal oncom lalu digoreng), misro (parutan singkong juga namun dengan gula merah), tempe mendoan, tahu gejrot, baru ditutup pisang goreng. Dengan kisaran harga minimal Rp 500,-/biji, paling enak menyantap makanan ini bareng teman-teman.

***

So, itulah kesepuluh kuliner khas Bandung yang paling pas dijadikan menu santap pagi. Bisa dilihat bahwa mayoritas urang Bandung sukanya lontong, sambal kacang, dan kerupuk. Oya, tempat-tempat rekomendasi yang saya sebutkan di atas tidak menutup kemungkinan bahwa ada juga di tempat lain (bahkan mugkin di dekat rumah teman-teman), jadi kalau mau menambahkan daftarnya, jangan lupa kirim komen ya.

Belum pernah ke Bandung? Segera pesan Tiket ke Bandung ya!

Selamat beraktifitas!

10 Menu Sarapan Khas Bandung
4 (80%) 4 votes
(Visited 27,950 times, 23 visits today)


About

Lifestyle blogger based in Bandung. Love travelling as well as playing piano.


'10 Menu Sarapan Khas Bandung' have 14 comments

  1. 10/12/2015 @ 10:53 am Tian

    Aaaah kupat tahu kesukaan aku

    Reply

  2. 10/12/2015 @ 12:02 pm Rahmah

    Dan semua mengundang selera ^_^
    *lupakan diet…

    Reply

  3. 10/13/2015 @ 10:37 am Dwi Puspita

    ah..jadi laper nih….

    Reply

  4. 10/13/2015 @ 10:46 am susanti dewi

    mie yamin dan gorengan dijadikan sarapan?

    Reply

  5. 10/13/2015 @ 2:17 pm @nurulrahma

    Iya niiih, laper plus baper hahahaha

    Reply

  6. 10/13/2015 @ 2:57 pm Euis Sri Nurhasanah

    Jadi pengen siomay, hehe…

    Reply

  7. 10/14/2015 @ 4:52 am Ria Rochma

    Di Gresik, ada yg jual bubur ayam Bandung. Pertama beli, agak aneh juga pas buka wadahnya, ga ada kuah kaldunua yg mirip kuah soto itu. Ternyata khasnya memang seperti itu ya.. *manggut-manggut*

    Reply

  8. 10/15/2015 @ 9:42 am Nathalia Diana Pitaloka

    smuanya kesukaan saya :))

    Reply

  9. 10/16/2015 @ 12:08 pm Evi Sri Rezeki

    Semua menunya emang enak ^^b

    Reply

  10. 10/16/2015 @ 2:02 pm Rani R Tyas

    Ah jadi kangen Bandung, kayaknya masih kurang ya.. bubur kacang ijo, rekomen di Tugu Kujang Bandung. Aaahh meuni..

    Reply

  11. 10/30/2015 @ 4:09 pm vitri

    Lontong kari kang damon tuh patut di coba. Enades baget. Kmarin aku dari sana kuahnya wuhh mantap

    Reply

  12. 10/31/2015 @ 11:05 am Anne

    Wahh smuany enak tuhh jdi pengn ☺…apalagi ntu lontong kari kang damon kuahnya enak bgtlah pokoknya muantap…patut dicoba!! Jdi pngen cpet” ke bdg

    Reply

  13. 10/31/2015 @ 2:53 pm Satria

    Wawww lontong kari sapi i love it

    Reply

  14. 11/13/2015 @ 8:36 am Benny Rhamdani

    enyak

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloBandungku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool